Timothy “Tim” Lelang “Source Code” World Wide Web

Timothy “Tim” Lelang “Source Code” World Wide Web

Bapak Internet sebutan untuk Timothy “Tim” Berners-Lee karena beliaulah yang merintis Worl Wide Web (WWW) pada 1989. WWW atau web yang sering kita kenal selama ini aslinya berbentuk software berbasis hypertext dan berjalan di atas internet.

NFT_Icon (wikipeda)

Sejak lahirnya (www), Tim dikabarkan tidak pernah mendapatkan keuntungan dari ciptaan buatannya itu. Itu karena ia tak pernah mematenkan sumber yang ia gunakan untuk menciptakan web tersebut.

Oleh karena it saat ini Tim berencana untuk melelang sumbek kode dari (www) sebagai token kriptografi atau Non-Fungible Token  (NFT). Menurut Tim, melelang sumberk kode (www) sebagai NFT adalah hal yang biasa atau wajar dilakukan oleh ilmuwan komputer seperti dirinya.

Tim mengatakan ia tak pernah mematenkan WWW karena khawatir Web tidak dapat berkembang bila dibatasi dengan paten, biaya, royalti atau kontrol lainnya. Dengan adanya NFT itu nanti akan menjadi alternatif lain bagi Bapak Internet itu untuk bisa menegaskan “kepemilikan” atas ciptaannya itu.

“NFT, baik berupa karya seni atau artefak digital seperti sumber kode www ini adalah kreasi terbaru di ranah ini. Dan merupakan sarana kepemilikan yang paling tepat yang ada,” ujar Tim.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"