Tetap Aman dan Nyaman Aktif di Sosmed dengan Menerapkan Social Media Self Care, Ini Caranya

Tetap Aman dan Nyaman Aktif di Sosmed dengan Menerapkan Social Media Self Care, Ini Caranya

Sosial media merupakan salah satu hal yang krusial di era digital karena menjadi sarana berbagai infomasi serta terhubung dengan orang lain di berbagai belahan dunia. Meskipun banyak manfaat yang akan didapat dari penggunaan sosial media ini, terkadang penggunaan sosial media justru dapat membuat seseorang merasa stres.

Banyak pengguna sosial media ingin apa yang mereka lakukan mendapat pengakuan yang besar bagi pengguna lainnya seperti misalnya mendapat jumlah like yang banyak pada setiap postingan sehingga ketika kamu tidak mendapatkan apa yang diinginkan kamu akan membandingkan dirimu dengan orang lain dan berujung stres.

Menurut beberapa penelitian, sosial media berkontribusi terhadap peningkatan kecemasan dan depresi pada remaja. Dengan begitu, ada baiknya bagi kamu melakukan social media self care. Nah, berikut 5 cara melakukan social media self care yang dapat kamu lakukan di kegiatan sehari-hari!

1. Yakin Bahwa Setiap Postingan Belum Tentu Menggambarkan Kehidupan Asli Seseorang

Ketika berselancar di sosial media, kita dapat melihat kehidupan yang orang lain yang dibagikan di akun mereka. Terkadang, postingan tersebut membuatmu membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Kamu merasa kehidupanmu tidak sebahagia orang orang yang kamu lihat di sosial media.

Namun, hal tersebut merupakan sesuatu yang salah. Kamu harus ingat bahwa kehidupan orang orang di sosial media tidak mencerminkan 100% kehidupan asli yang mereka jalani, lho.

Orang-orang tersebut tidak terlihat seperti diri mereka sehari-hari setelah diedit dan dibalut filter. Ketika kamu merasa cemburu dengan hal tersebut, ingatkan diri kamu bahwa setiap orang bukanlah versi media sosial dari diri mereka sendiri.

Ingatlah bahwa setiap yang dibagikan oleh seseorang disosial media tidak mencerminkan kehidupan aslinya. Bisa jadi hal tersebut justru berbanding terbalik.

Ilustrasi Media Sosial (Media Indonesia)

2. Kamu Tidak Hidup dalam Sosial Media

Jangan biarkan sosial media mendikte hidupmu. Meskipun tidak ada yang salah ketika kamu memutuskan untuk menggunakan media sosial, tapi apabila kamu membiarkannya menentukan apa yang kamu lakukan setiap hari, dapat membuatmu stres dan gelisah.

Ketika kamu memposting sesuatu untuk sosial mediamu, pastikan untuk melakukan apa yang kamu suka, bukan apa yang orang-orang di sosial media inginkan.

3. Berhati-hati dalam Menggunakan Sosial Media

Ketika kamu melihat postingan di media sosial, luangkan waktu sejenak untuk introspeksi diri. Apakah kamu merasa bahagia dan berenergi ketika menggunakan sosial media atau malah membuatmu lelah dan sibuk? Serta tanyakan pada dirimu mengapa kamu merasa seperti itu, apakah postingan orang-orang tertentu membuat kamu stres atau itu merupakan cara kamu menghabiskan waktu luang.

Pastikan kamu menyesuaikan kebiasaan media sosial dengan kebutuhanmu. Jika kamu memperhatikan bahwa berinteraksi dengan orang-orang tertentu secara online membuatmu merasa sedih, lebih baik kamu berhenti berteman atau berhenti mengikuti mereka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"