Terungkap Kenapa Tukang Bangunan Banyak yang Berasal dari Jawa

Terungkap Kenapa Tukang Bangunan Banyak yang Berasal dari Jawa

Dalam proses pembuatan rumah atau proyek bangunan lainnya dibutuhkan seorang tukang bangunan  atau kuli bangunan. Uniknya mayoritas tukang bangunan justru berasal dari Jawa  atau banyak orang Jawa.

Tukang bangunan dari Jawa banyak dicari para mandor atau kontraktor karena dianggap memiliki keistimewaan dibandingkan tukang bangunan dari daerah lainnya. Tukang bangunan dari Jawa dikenal sosok yang rajin, ulet, telaten, tangguh dalam mengerjakan bangunan.

Mereka juga selalu datang bekerja dan selesai bekerja tepat waktu. Misalnya kerja mulai jam 08.00 sebelum jam tersebut mereka sudah datang untuk mulai bersiap-siap. Termasuk saat selesai bekerja misalnya pukul 16.00, mereka akan  meninggalkan lokasi di atas jam 16.00 WIB.

Tukang Bangunan dari Jawa (99.co)

Dilansir dari Kompas.com, Taufik Widjoyono selaku Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) menuturkan bahwa sejak dulu  memang tukang bangunan asal Jawa mendominasi pekerjaan membuat bangunan.

Taufik menambahkan jika di daerah-daerah di Jawa terdapat beberapa tempat yang memang dikenal sebagai kampung para tukang bangunan. Misalnya di kawasan Wonosobo dan Wonogiri, Jawa Tengah. Lalu ada di Jawa Barat di kawasan Sumedang yang dikenal sebagai ahli pasang keramik.

Mengacu kepada sejarah juga berkaitan kenapa banyak orang asal Jawa yang jadi tukang bangunan. Misalnya dalam proses pembangunan candi-candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur, banyak orang Jawa yang membantu membangun candi itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"