Terpecahkan! Ternyata Ini Alasan Biksu Tidak Menikah, Sudah Tahu Belum Nih?

Terpecahkan! Ternyata Ini Alasan Biksu Tidak Menikah, Sudah Tahu Belum Nih?

Mungkin sudah banyak dari kamu yang mengetahui kalau biksu  atau rohaniawan dari agama Buddha  tidak diperbolehkan untuk menikah. Kira-kira apa ya alasannya? Rupanya, hal ini berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat.

Y. M. Uttamo Mahathera atau yang akrab disapa Bhante Uttamo sempat membeberkan dua alasan mengapa biksu atau bhikkhu tidak menikah. Momen ini terekam dalam podcast yang dibagikan oleh YouTube, Sadhu Channel. Adapun alasan yang pertama adalah konsentrasi diri.

“Seorang bhikku tidak menikah itu supaya bisa, satu mengkonsentrasikan diri pada konsentrasi pikiran. Coba Anda yang bermeditasi, pada saat duduk meditasi, istri atau anak ngetuk pintu, sudah batal meditasinya," kata Bhante Uttamo yang dikutip pada Sabtu, 16 April 2022.

Foto: Biksu (YouTube/Sadhu Channel)

“Tapi jadi bhikku kan enggak punya istri, enggak punya anak, duduk meditasi, konsentrasi lebih tinggi. Itu untuk pribadi bhikkhu perkembangan batinnya lebih cepat karena tidak terikat,” sambungnya.

Sementara itu, alasan kedua karena bhikkhu memilki tugas melayani umat. Dia mengatakan kalau memiliki istri, maka bukan tidak mungkin bhikkhu akan terkena omelan karena terus berpergian untuk melayani tapi tidak menghasilkan.

“Kalau sekarang saya punya istri, istri mana yang senang suaminya setiap hari keluyuran enggak pulang-pulang. Sudah keluyuran, tidak punya penghasilan,” ungkap Bhante Uttamo.

Lebih lanjut, bhikkhu yang aktif memberikan ceramah Dhamma itu juga mengungkapkan dengan tidak terikat pernikahan, maka kehidupan para biksu menjadi lebih bebas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"