Terpecahkan Lur! Kenapa Banyak Tukang Sate Berasal dari Madura

Terpecahkan Lur! Kenapa Banyak Tukang Sate Berasal dari Madura

Sate  adalah jenis makanan khas Indonesia yang banyak dijual. Biasanya para pedagang atau tukang sate berasal dari Madura, Jawa Timur. Sudah tahu belum kenapa banyak tukang sate yang berasal dari Madura?

Ternyata sejak dulu sate adalah makanan khas di Madura. Orang Madura sangat dekat dengan makanan sate. “ Sate sebagai satu olahan makanan yang sering dibuat dari zaman dulu,” kata Kadarisman Sastrodiwirjo, Mantan Wakil Bupati Pamekasan dilansir dari Kompas.

Kadarisman mengatakan akhirnya orang Madura memutuskan untuk meninggalkan kampung halaman dan bekerja. Mereka pergi ke Sumatera, daerah di Jawa termasuk Jakarta, dan pulau lainnya di Indonesia.

Tukang Sate Asal Madura (Maduraku)

“Coba perhatikan pasti di setiap daerah itu ada orang Madura yang merantau karena memang dari zaman dulu, orang Madura sudah memiliki jiwa pelaut dan seorang perantau,” tambah Kadarisman.

Ia mengatakan kondisi geografis Madura yang gersang juga menjadi alasan sate muncul di Madura. Untuk menyambung hidup masyarakat Madura memilih berjualan makanan dengan olahan daging ternak, seperti ayam dan kambing lalu dijadikan sate.

Sehingga karena terbiasa membuat sate, para warga Madura yang merantau akhirnya berjualan sate. Banyak warung sate di beberapa tempat di luar Madura yang sudah berjualan puluhan tahun dan memiliki pelanggan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"