Ternyata Uang Kembalian Pelanggan Indomaret Dipakai untuk Keperluan Ini, Nggak Usah Mikir Macam-macam Ya

Ternyata Uang Kembalian Pelanggan Indomaret Dipakai untuk Keperluan Ini, Nggak Usah Mikir Macam-macam Ya

Pernah nggak sih saat melakukan transaksi di Indomaret , kasir kurang memberikan kembalian lalu meminta uang sisa kembalian itu disumbangkan atau didonasikan. Pelanggan pasti akan mengizinkannya. Tapi tahu nggak sih kalau uang itu dipakai untuk keperluan apa?

Ternyata hasil uang kembalian yang jumlahnya tidak besar itu adalah donasi konsumen dipakai untuk kebutuhan program Pengumpulan Uang atau Barang (PBU). Program PBU ini merupakan bentuk kerja sama dengan Kementerian Sosial atau Kemensos.

Cecep Sulaiman selaku Kepala Program dan Palaporan Setditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos mengataka bahwa PUB yang dikelola Kemensos merupakan bentuk kerja sama dengan Indomaret. “Kalau belanja di Indomaret ada kembalian Rp 200 atau Rp 100 didonasikan saja ya, itu termasuk upaya PUB,” ujar Cecep dilansir dari Kumparan.

Ternyata Uang Donasi Sisa Kembalian Pelanggan Indomaret, Dipakai untuk Keperluan Ini, Nggak Usah Pikir Macam-macam (Ayo Indonesia)

Cecep menambahkan bahwa proses PUB dilakukan secara akuntabel dan terbuka karena penyalurannya dilakukan melalui Kemensos. Tidak menutup kemungkinan Indomaret atau minimarket lainnya ikut terlibat dalam proses pengumpulan dana bekerja sama dengan pihak lain.

Apakah uang tersebut tepat sasaran saat dilakukan proses penyaluran? Cecep mengatakan bahwa PUB Indomaret dan Kemensos dilakukan secara tepat sasaran. Banyak kegiatan sosial yang sudah didanai dari dana PUB Indomaret dan Kemensos, seperti membangun saluran air bersih, balai sosial, rumah, dan toilet umum.

Selain kepada Kemensos melalui program PUB, uang kembalian pelanggan Indomaret didonasikan Indomaret kepada Palang Merah Indonesia atau PMI. Menurut Direktur Utama PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Sinarman Jonatan, mengatakan konsumen Indomaret bisa melakukan donasi sejumlah cara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"