Ternyata Ini Penyebab Seseorang Alami Diare Setelah Minum Kopi

Ternyata Ini Penyebab Seseorang Alami Diare Setelah Minum Kopi

Secangkir kopi di pagi hari dapat membuat kita merasa bersemangat menjalani hari. Sayangnya, manfaat kopi yang satu ini buka untuk semua orang. Sebab ada beberapa orang yang ternyata langsung harus pergi ke toilet setelah minum kopi. Mengapa minum kopi terkadang memicu keinginan buang air besar yang tidak terduga?

Kopi diketahui dapat melancarkan sistem pencernaan kita, namun para peneliti berpendapat mungkin ada berbagai alasan yang menyebabkan reaksi ini. Salah satu penyebabnya diyakini karena tingginya kandungan kafein pada kopi dibandingkan minuman panas lainnya seperti teh.

Kopi adalah salah satu dari banyak zat makanan yang tinggi kafein, dan kafein dalam kopi dapat memengaruhi kebutuhan untuk ke toilet. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kafein memiliki efek pencahar, artinya mendorong tubuh untuk buang air besar. 

Kopi Merangsang Pelepasan Hormon

Secangkir kopi untuk memulai hari (new.yesdok.com)

Penelitian menunjukkan mungkin ada faktor lain yang berperan juga. Kopi berkafein dan tanpa kafein merangsang produksi hormon gastrin, yang memberi sinyal pada lambung untuk melepaskan asam lambung. Karena gastrin meningkatkan pencernaan, hal ini dapat menyebabkan keinginan kita untuk pergi ke toilet setelah minum kopi .

Kopi Merangsang Saluran Pencernaan

Alasan lain mengapa kopi berdampak pada usus kita adalah karena sesuatu yang disebut refleks gastrokolik. Ini adalah respons tubuh di mana tindakan makan atau minum meningkatkan pergerakan di saluran pencernaan. Oleh karena itu, tindakan sederhana meminum secangkir kopi saat sarapan mungkin cukup memicu keinginan untuk BAB. Selain itu, refleks ini merespons lebih cepat di pagi hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"