Ternyata Begini Nih, Sistem Pembuangan Kotoran di Pesawat

Ternyata Begini Nih, Sistem Pembuangan Kotoran di Pesawat

Mungkin banyak dari kalian yang pernah berfikir bahwa, bagaimana yak cara pesawat membuang kotoran manusianya? Nah, buat kalian yang sering kali bertanya-tanya terkait hal tersebut. Berikut ulasannya.

Pesawat (m.malesbanget.com)

Toilet merupakan salah satu tempat terpenting yang ada di dalam transportasi umum. Tak hanya itu, ketersediaan toilet juga menjadi hal yang harus diperhatikan kendaraan umum, terlebih kendaraan umum yang hendak menempuh perjalanan dalam durasi yang panjang.

Misalnya pesawat, pesawat merupakan salah satu transportasi udara yang mengangkut penumpang dan menyediakan toilet atau yang biasa disebut lavatory.

Nah, bagaimana dengan pembuangan limbah toilet di dalam pesawat?

Menurut Cabin Engineer Garuda Maintenance Facilities (GMF) Aero Asia, Aulia Athar yang mengatakan bahwa limbah lavatory pesawat ini tak boleh sembarangan dialirkan.

Setidaknya ada dua sistem dalam pengolahan limbah lavatory pesawat. Untuk pesawat besar, biasanya lavatory menggunakan vaccum system. Sementara itu, untuk pesawat kecil menggunakan recirculating system, ujarnya.

Lavatory dalam pesawat (tribunnews.com)

Lavatory berfungsi untuk fasilitas penumpang untuk buang air besar dan buang air kecil. Jadi secara fungsi ya sama dengan yang ada di rumah kita.

Kalo penampungan limbah kotoran di rumah itu disebut septic tank, sedangkan kalo di peswat itu namanya waste tank. Jadi dipesawat itu juga memiliki tempat untuk menampung limbah kotoran gengs, seperti halnya yang ada di rumah kita itu.

Untuk waste tank ini biasanya disimpan di bagian bawah pesawat gengs, tepatnya di belakang kargo. Jadi sudah sedikit terjawab kan? Bukan langsung lantas dibuang ke bawah (laut) kotorannya gengs. Kan kasihan ikan-ikannya nanti, menyiksa perlahan hihihi

Dalam sistem vakum ini, nantinya kotoran manusia akan dihisap dengan perangkat khusus, sehingga akan masuk ke dalam tangki penampungan limbah, seperti sedot wc lah kalo di rumah-rumahan gitu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"