Ternyata Bahaya! Ini Alasan Tidak Membelikan Anak Banyak Mainan

Ternyata Bahaya! Ini Alasan Tidak Membelikan Anak Banyak Mainan

Bagi anak-anak, mainan adalah harta paling berharga yang mereka miliki. Selain itu, mainan sering dianggap sebagai media pembelajaran yang efektif untuk membantu perkembangan mereka. Meski demikian, orang tua wajib tahu alasan tidak membelikan anak banyak mainan karena ternyata bisa memberikan sejumlah dampak buruk.

Mengutip Klikdokter, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa membelikan anak terlalu banyak mainan ternyata tidak meningkatkan kreativitas mereka, namun hanya mengalihkan perhatian dan mengurangi fokus anak. Sebelum terlambat, yuk cari tahu kenapa sebaiknya tidak membelikan anak banyak mainan!

1. Mengganggu Fokus Anak

Mainan Anak (via Popmama)

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa membelikan anak terlalu banyak mainan dapat mengganggu fokus mereka. Sebab anak-anak belum memiliki tingkat kontrol yang baik, sehingga terlalu banyak mainan dapat mengganggu perhatian mereka.

Sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 36 balita yang diberikan mainan membuktikan bahwa kreativitas anak meningkat pada anak dengan lebih sedikit mainan. Bahkan mereka yang diberi sedikit makanan akan bermain dengan mainan yang mereka miliki dua kali lebih lama. Ini membuktikan bahwa mainan yang sedikit dapat membentuk fokus mereka sejak kecil.

2. Kurang Menghargai Mainan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"