Ternyata, Asal Bangsa Yahudi Beda dengan Dugaan Selama Ini, Simak Penjelasannya Menurut Paleogenomik

Ternyata, Asal Bangsa Yahudi Beda dengan Dugaan Selama Ini, Simak Penjelasannya Menurut Paleogenomik

Taukah kalian apa itu paleogenomik? Ini adalah teknik yang peneliti gunakan untuk menyingkap misteri asal-usul atau masa lalu leluhur manusia. Paleogenomik berhubungan sama genom yang bersumber dari peninggalan leluhur.

Melansir National Geographic, paleogenomik pun dipakai untuk mencari tau misteri leluhur bangsa Yahudi. Para peneliti mengekstraksi DNA tulang kering leluhur bangsa Yahudi. Dari situlah sejarah mereka terungkap.

Kepercayaan umum selama ini menyebutkan kalo jenis Yahudi Ashkenazi adalah kelompok etnis Yahudi keturunan suku asli Israel. Tetapi, penelitian tahun 2013 di Nature Communications mengungkap fakta berbeda.

bangsa Yahudi (independent.co.uk)

Dari situ ditunjukkan asal usul garis matrilineal untuk bangsa Yahudi Ashkenazi yang berasal dari Eropa. Hal ini berbeda dengan kepercayaan sebelumnya yang menganggap orang Yahudi pertama kali berada di Eropa tengah sehabis perang Romawi Timur dan Sassaniyah di tahun 602 sampai 628 M.

Salah satu peneliti yang bernama Martin Richards mengungkapkan kalo Yahudi Ashkenazi berada di Eropa selama berabad-abad lamanya. DNA menunjukkan kalo mereka adalah orang Yahudi Eropa keturunan penduduk lokal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"