Terkubur Ribuan Tahun, Inilah Penampakan Masjid Tertua di Dunia yang Ditemukan di Israel

Terkubur Ribuan Tahun, Inilah Penampakan Masjid Tertua di Dunia yang Ditemukan di Israel

Salah satu masjid tertua di dunia akhirnya ditemukan di Israel. Ternyata selama ini masjid tersebut terkubur secara alami di dalam Gurun Negev, Israel. 

Otoritas Purbakala Israel (IAA) menyebutkan bahwa penggalian masjid itu dilakukan saat ada pembangunan di daerah tersebut.

Masjid itu diyakini telah berusia ribuan tahun. Tim arkeolog memperkirakan usia sekitar 1.200 tahun. Tak banyak yang tersisa kecuali reruntuhan masjid yang masih terlihat dengan jelas di situs penggalian tersebut.

Masjid tertua di dunia ditemukan di Israel (dw.com)

Begini penampakan masjid tertua di Israel (thedailybeast.com)

Masjid di Gurun Negev itu bahkan menyaingi usia masjid tertua lainnya yang ditemukan di Mekkah dan Yerusalem. Reruntuhan masjid tertua di dunia itu diyakini pula berasal dari abad ke-7 atau ke-8. 

Kawasan itu kini telah menjadi bagian dari Rahat, Israel.

Dikutip dari BBC, Jon Seligman dan Shahar Zur selaku direktur penggalian mengatakan bahwa masjid itu menjadi penemuan yang langka. Para arkeolog yakin bahwa dulunya masjid itu kemungkinan memiliki jamaah petani lokal.

Meski yang tersisa hanya reruntuhan, tapi cukup jelas terlihat masjid itu memiliki mihrab. Arahnya pun menunjuk ke arah Kakbah yang terletak di selatan dari lokasi tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"