Terkenal Banget! Apa Sih Alasan Karakter SpongeBob Squarepants dan The Simpsons Diberi Warna Kuning?

Terkenal Banget! Apa Sih Alasan Karakter SpongeBob Squarepants dan The Simpsons Diberi Warna Kuning?

Kita semua tau kalo karakter SpongeBob Squarepants terkenal banget. Dia adalah karakter yang digambarkan sebagai spons berwarna kuning.

Nggak cuma SpongeBob Squarepants aja sih yang warnanya kuning. Hampir semua karakter di serial kartun The Simpsons ... berwarna kuning gengs.

Ada apa sih sama warna kuning? Apa sih alasan karakter SpongeBob Squarepants dan The Simpsons diberi warna kuning?

SpongeBob Squarepants berwarna kuning (nytimes.com)

Yap, warna kuning emang terkenal banget di dunia kartun. Ada karakter yang bener-bener berwarna kuning, atau setidaknya ada unsur warna kuning pada karakter tersebut.

Coba inget-inget lagi deh, Pikachu warna kuning. Sementara rambutnya Uzumaki Naruto, Sailor Moon, dan Son Goku juga warna kuning. Masih ada lagi nggak karakter kartun yang warnanya kuning lainnya?

Kuning sendiri udah menjadi warna paling favorit di kalangan animator dunia. Warna ini telah muncul sejak kartun pertama kali diberi warna. Soalnya sebelumnya kan cuma hitam putih aja tuh gengs.

Warna yang paling terkenal dalam dunia animasi ini dipilih bukan semata untuk terlihat lebih cantik. Mental Floss menyebut bahwa ada alasan lain di balik pilihan warna kuning tersebut.

Warna kuning bakal menarik secara visual (gyfcat.com)

Hal ini sebenarnya bisa dijelaskan lewat kombinasi antara teori seni dan psikologi.

Skema warna karakter kartun umumnya dipilih untuk melengkapi latar belakang masing-masing karakter.

Pada SpongeBob Squarepants mislanya, warna biru sangat dominan menjadi setting atau latar belakang serial kartun tersebut. Ya, soalnya mereka diceritakan hidup di laut.

Dalam skala RGB yang digunakan di televisi, warna biru akan langsung kontras dengan warna kuning. Oleh karena itu, warna kuning cerah dipilih agar karakter tersebut bisa menarik secara visual.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"