Terjawab, Posisi Setir Mobil Sebelah Kanan di Indonesia Ternyata Pengaruh dari Jepang

Terjawab, Posisi Setir Mobil Sebelah Kanan di Indonesia Ternyata Pengaruh dari Jepang

Setir mobil  di Indonesia berada di sebelah kanan. Di Indonesia memang posisi mengemudi ada di kanan dan jalur mengemudi di sebelah kiri. Sebenarnya di dunia ada dua standarisasi dalam lalu lintas yakni left driving dan right driving.

Dilansir dari Carmudi, ada 125 negara yang menggunakan right driving, sedangkan left driving lebih sedikit, termasuk Indonesia. Karena left driving hanya digunakan di 75 negara saja di dunia.

Asal usul setir kanan terkait dengan kebiasaan ketika Inggris berada di bawah kekuasaan Romawi. Tentara Romawi berbaris di sisi kiri jalan dan konvensi ini terus berlaku di Inggris sampai sekarang.

Posisi Setir Kemudi di Indonesia (Tribun)

Setelah kerajaan Romawi berakhir, Inggris membawa budaya itu ke beberapa negara yang dia jajah, termasuk Indonesia yang menjalani left driving dengan beberapa pertimbangan.

Setelah zaman pendudukan Belanda, kendaraan yang masuk ke Hindia-Belanda sudah memakai setir sebelah kanan. Pada masa pendudukan Jepang pada 1942-1945 banyak mobil keluaran Jepang yang masuk ke Indonesia.

Justru orang Indonesia lebih menyukai mobil buatan Jepang yang dinilai lebih mudah digunakan dan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan harga mobil keluaran pabrik Eropa. Setir  mobil asal Jepang berada di sebelah kanan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"