Terdengar Mirip, Sebenarnya Apa Si Perbedaan Cocoa dan Cacao?

Terdengar Mirip, Sebenarnya Apa Si Perbedaan Cocoa dan Cacao?

Semua bahasa di dunia mengenal ini dengan satu kata yang sama, kecuali bahasa Inggris. Hal menarik ini membuat banyak orang yang meyakini bahwa ini merupakan kesalahan eja atau typo. Meskipun sama-sama berarti cokelat, ternyata memang ada beberapa perbedaan cocoa dan cacao , lho. Berikut ini penjelasannya.

Sebenarnya berasal dari pohon yang sama (Theocroma cacao), maka tidak heran jika sulit membedakan dua istilah ini. Cocoa terdengar lebih familiar bagi sebagian besar orang. Sedangkan, cacao biasanya sudah lebih populer di kalangan para penganut pola makan vegan. Banyak kesamaan di antara keduanya, tapi ada juga perbedaan yang mendasar.

Perbedaan Cocoa dan Cacao (via Foods Guy)

Cocoa merupakan biji cokelat yang telah disangrai. Mengacu pada produk pabrikan, biasanya berupa bubuk atau batangan, yang digunakan sebagai bahan untuk memanggang kue atau minuman cokelat.

Biasanya, terdapat rasa asam dan pahit dalam bubuk cocoa. Bahan ini mengandung lebih sedikit kalori dibanding dengan cacao. Namun, dalam pengolahannya ada yang menambahkan gula dan lemak susu atau minyak. Maka, kamu tetap perlu memperhatikan kandungan pada kemasan, ya, jika membelinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"