Terbongkar, Sosok Pegawai Negeri Sipil Pertama Di Indonesia Ternyata Seorang Sultan… Siapakah Dia?

Terbongkar, Sosok Pegawai Negeri Sipil Pertama Di Indonesia Ternyata Seorang Sultan… Siapakah Dia?

Di Indonesia, Pegawai Negeri Sipil alias PNS jadi salah satu pekerjaan yang selalu ramai peminat. Setiap ada pembukaan, yang daftar bisa ribuan orang dari berbagai daerah. 

Bahkan buat para orang tua, kerjaan jadi PNS ini dianggap sangat menjanjikan. Nggak heran banyak anak-anak muda yang didorong untuk jadi PNS setelah lulus kuliah. 

Sampai saat ini, tentunya jumlah PNS sangat banyak dan terbagi-bagi setiap daerah dan bidang pekerjaan. Tapi tau nggak sih siapa yang namanya pertama kali terdaftar jadi PNS? 

PNS pertama Indonesia seorang Sultan

PNS pertama Indonesia seorang Sultan Sultan HB IX (id.wikipedia.org)

Ternyata, Sri Sultan Hamengkubuwono IX (Sultan HB IX) adalah sosok PNS pertama di Indonesia lho. Beliau terbukti memiliki kartu tanda pegawai negeri sipil dengan NIP alias nomor induk pegawai 010000001. 

Pemilik nama asli Gusti Raden Mas Dorodjatun ini punya kartu pegawai yang terbit pada 1 November 1974 dan bertandatangan kepala BAKN, A.E. Manuhuruk. 

Baru ketahuan setelah beliau tiada

Selama ini ternyata nggak ada yang tahu kalau Sultan HB IX adalah PNS pertama. Malah, fakta ini baru diketahui setelah beliau wafat. 

Jadi saat itu, Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat, lagi ngurusin data-data tunjangan pensiunan janda. Saat itu, KRT Jatiningrat masih menjabat sebagai Kepala Biro Umum, jadi dialah yang ngurusin hal-hal yang berkaitan dengan pensiunan. Lalu masuklah salinan kartu pegawai milik Sultan HB IX. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"