Tentang Perselingkuhan Orangtua, Apakah Anak Harus Diberi Tahu?

Tentang Perselingkuhan Orangtua, Apakah Anak Harus Diberi Tahu?

Perselingkuhan  dalam rumah tangga biasanya akan ditutupi rapat-rapat dari pihak luar, bahkan anak di keluarga itu. Tapi ada juga anak yang akhirnya tahu jika salah satu orangtuanya berselingkuh. 

Mungkin saja salah satu orangtua akan menceritakan jika ayah atau ibu si anak telah melakukan perselingkuhan. Bisa juga si anak tahu sendiri dari sosial media atau melihat langsung ayah atau ibunya sedang selingkuh. Sebenarnya apakah anak harus tahu soal perselingkuhan orangtuanya?

Mungkin jika anak tersebut masih kecil dan belum mengerti, orangtua tidak akan menceritakannya. Namun saat anak sudah beranjak remaja bahkan dewasa, dirinya sudah siap mendengarkan permasalahan orangtua, termasuk adanya perselingkuhan dalam rumah tangga.

Perselingkuhan Orangtua, Apakah Anak Harus Diberi Tahu (Viva)

Seorang pakar hubungan suami istri bernama Bob Huizenga dikutip dari Today’s Parent mengatakan bahwa kebanyakan pasangan suami istri akan merahasiakan perselingkuhan yang terjadi di rumah tangga. 

“Anak-anak dalam usia sekolah mungkin belum tahu bahwa yang terjadi perselingkuhan orangtua, namun mereka tahu ada yang salah di antara orangtuanya,” papar Bob.

Lain lagi komentar psikolog Ana Nogales, mengatakan jika orangtua yang memberitahukan anak tentang detail perselingkuhan yang terjadi adalah sesuatu yang tidak baik. Karena hal itu membuat mental anak menjadi hancur dan hatinya bisa tersakiti karena harus merasa tertekan dan menyimpan rahasia yang membuat sedih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"