Tempat Para Pendosa di Makam Banyusumurup, Peristirahatan Keluarga Kerajaan Mataram yang Dibantai

Tempat Para Pendosa di Makam Banyusumurup, Peristirahatan Keluarga Kerajaan Mataram yang Dibantai

Makam keluarga kerajaan biasanya menjadi makam yang ramai dikunjungi. Para peziarah bisa datang darimana aja buat berdoa dan berharap berkah atau kebaikan tertentu. Tapi tahu gak sih gengs, kalau ada makam yang sepi peziarah karena isinya adalah para pendosa.

Makam Banyusumurup khusus buat para pembangkang dan pemberotak. Semua yang dianggap melawan kekuasaan Mataram Islam pada zaman pemerintahan Amangkurat I. Terletak di bagian atas dusun Banyusumurup di Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Bantul. Sebelah tenggara Pajimatan Makam Raja-raja di Imogiri.

Makam Raja-Raja Imogiri (goodtimes.id)

Beberapa tokoh yang dimakamkan di sana adalah Pangeran Pekik beserta para pengikutnya. Makam Banyusumurup terdiri atas dua halaman yang masing-masing dikelilingi tembok bata. Di Halaman I ada regol tinggi hingga ujung atap. Cuma dibuka kalau ada peziarah. Pada halaman I ini terdapat 52 makam salah satunya makam Pangeran Pekik.

Ada juga makam mereka yang dihukum pada masa setelah Sunan Amangkurat I. Termasuk makam Raden Ronggo Prawirodirdjo (III) yang amat terkenal karena memberontak pada masa Sri Sultan HB II.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"