Tak Gila Jabatan dan Harta, 4 Pejabat Zaman Dulu Ini Rela Tinggal di Rumah Sangat Sederhana, Beda Banget Sama Pejabat Masa Kini!

Tak Gila Jabatan dan Harta, 4 Pejabat Zaman Dulu Ini Rela Tinggal di Rumah Sangat Sederhana, Beda Banget Sama Pejabat Masa Kini!

Bukan rahasia lagi kalau jabatan bisa membuat orang jadi gila dunia. Selain adanya status sosial yang terpandang, uang yang didapatkan dari jabatan tinggi pun melimpah ruah. Jadi bukan lagi hal yang aneh kalau kadang seorang yang sudah menjadi pejabat sukses akan lupa dengan teman seperjuangan, meski pun ada pula yang sebaliknya.

Namun siapa sangka kalau beberapa pejabat di Indonesia pada zaman dahulu ada yang sama sekali tak silau dengan jabatan serta hartanya. Alih-alih menggunakannya untuk kepentingan pribadi yang ada malah banyak yang memilih tinggal di rumah sederhana, bahkan menumpang. Semua dilakukan semata-mata demi kepentingan rakyat pula. Siapa saja sih pejabat sederhana itu?

- Polisi Hoegeng Meski Berpangkat Jenderal Justru Memilih Menyewa Rumah

Tentu kita semua tidak asing dengan kisah kesederhanaan polisi yang satu ini, dialah Hoegeng Iman Santoso, Kapolri Indonesia yang sangat aktif. Sudah banyak cerita mengenai kejujurannya dan kesederhanaan yang selalu bikin mewek ketika baca. Satu lagi kisah yang tak kalah menarik dari sosok Hoegeng ini yaitu fakta kalau ternyata dia sempat menyewa rumah meskipun punya jabatan tinggi sebagai menteri.

Polisi Hoegeng Iman Santoso (Tempo.co)

Padahal sudah disedikan rumah dinas mewah untuknya, akan tetapi Hoegeng tetap enggan menempatinya. Hingga akhirnya Gubernur DKI Jakarta waktu itu menghadiahkan sebuah rumah padanya namun ia jual dan uang hasil penjualan tersebut dibagi dengan anak-anaknya. Zaman sekarang, mana ada polisi kaya gitu.

- Agus Salim, Salah Satu Pejuang Kemerdekaan yang Tinggal di Gang

Kemerdekaan Indonesia mungkin tak pernah tercapai kalau tak ada usaha Agus Salim dalam memperjuangkannya. Dikenal sebagai orang yang pintar serta menguasai sembilan bahasa, dulu dirinya sempat menempati posisi tinggi dalam Volksraad (dewan rakyat) sebagai wakil Serikat Islam. Belum lagi kemampuannya dalam berpidato dan berdebat membuat banyak orang salut dengan sosok beliau.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"