Tak Disangka, Ini Obrolan Gus Dur dengan Dorce Gamalama Terkait Kelamin Sang Artis

Tak Disangka, Ini Obrolan Gus Dur dengan Dorce Gamalama Terkait Kelamin Sang Artis

Dorce Gamalama  memiliki hubungan yang dekat dengan orang-orang yang pernah menjadi Presiden di Indonesia, salah satunya Abdurrahman Wahid alias Gus Dur . Gus Dur pernah menceritakan dalam sebuah buku, percakapannya dengan Dorce.

Dalam buku berjudul “Gus! Sketsa Seorang Guru Bangsa (2017:71), Dorce mengatakan sosok Gus Dur adalah pemimpin negara yang melindungi kaum minoritas, termasuk Dorce yang seorang transgender.

Dorce pernah menanyakan langsung kepada Gus Dur, posisinya sebagai seorang transgender di Indonesia, termasuk saat Dorce berdoa kepada TuhanNya. “Kalau saya mengadu suatu masalah pun, Gus Dur tidak langsung menindak dan mengecap saya dengan tuduhan macam-macam,” papar Dorce.

Ini Obrolan Gus Dur dengan Dorce Gamalama Terkait Kelamin Sang Artis (Line Today)

Dorce tak pernah khawatir atau takut ketika bertemu dan bercengkrama dengan sosok Presiden ke-4 Indonesia ini. Setiap bertemu keduanya selalu saling mengutarakan candaaan.  Gus Dur pernah berpesan kepada Dorce agar selalu menjalani apa yang dijalani sekarang, termasuk menjadi seorang wanita. “Kamu percaya salat, ngaji, dapat pahala, ya jalani saja,” kata Gus Dur pada Dorce.

Dorce kaget karena Gus Dur tak pernah sekalipun menghakimi dirinya yang menjadi transgender. Awalnya Dorce tak menggubris jika ada orang yang memberikan komentar negatif tentang dirinya. Namun berbeda dengan apa yang dilakukan Gus Dur.

“Nggak perlu melindungi saya, saya orangnya begini biarkan saja. Masuk ke surga aau neraka itu terserah Allah. Seandainya neraka yang saya dapat, jika Allah ridha ya tak terima,” tambah Dorce.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"