Tak Boleh Sembarangan! Begini Cara Mencuci Pakaian Bayi Baru Lahir

Tak Boleh Sembarangan! Begini Cara Mencuci Pakaian Bayi Baru Lahir

Jika kamu sedang menanti kelahiran anak pertama itu artinya kamu perlu mempelajari beberapa keterampilan yang benar-benar baru seperti membedong, mengganti popok, memandikan bayi, dan mencuci pakaian bayi.

Karena kulit bayi sangat sensitif, kamu tidak bisa asal-asalan mencuci baju mereka. Berikut ini beberapa cara mencuci pakaian bayi baru lahir:

1. Bersihkan noda terlebih dahulu

Contoh noda pada pakaian bayi (enesis.com)

Segera setelah pakaian terkena noda seperti kotoran, makanan bayi, atau ludah, lepaskan pakaian kotor tersebut dari anak dan bilas sisa kotorannya. 

Jika nodanya kecil, bersihkan bagian nodanya terlebih dahulu dan masukkan ke mesin cuci. Jika nodanya banyak, kamu perlu merendamnya dalam bak berisi air dengan sekitar setengah cangkir deterjen khusus bayi. Usahakan untuk mencuci pakaian bayi baru lahir yang terkena noda sebelum dikeringkan karena ini akan membantu mencegah noda menempel.

2. Pisahkan dan siapkan cucian

Jika kamu mempunyai waktu dan tenaga, cucilah cucian bayi secara terpisah dari anggota keluarga lainnya (jika cucian bayi dan dewasa harus dicampur, gunakan deterjen ramah bayi saat mencuci). Pisahkan pakaian bayi berdasarkan warnanya, sama seperti kamu memisahkan pakaian orang dewasa. 

Jika kamu menggunakan popok kain, popok tersebut harus menjadi sesi tersendiri. Untuk meminimalkan risiko kaus kaki bayi dan barang kecil lainnya hilang, masukkan mereka ke dalam kantong cucian berbahan jaring untuk dicuci.

3. Pilih deterjen bayi yang aman



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"