Tahun Ini Ada 29 Februari-nya, Berarti Kamu Mesti Simak Fakta dan Mitosnya Nih~

Tahun Ini Ada 29 Februari-nya, Berarti Kamu Mesti Simak Fakta dan Mitosnya Nih~

Gengs, ini tahun 2020 yang kayaknya bakal lebih panjang satu hari deh. Yap, ini karena bulan Februari-nya sampe tanggal 29 gengs. Kalo gitu, tahun ini disebut tahun kabisat.

Kamu harus tau gengs fakta uniknya, bahwasanya tahun kabisat tuh adalah tahun yang habis dibagi empat. Tapi, mosok cuma itu sih faktanya? Ngggak gengs, ada banyak dan kamu mesti simak fakta dan mitosnya juga nih. Kuy, kuy, kuy~

Kenapa sih dikasih nama tahun kabisat? (freepik.com)

#1 Kenapa dinamakan 'tahun kabisat'?

Sebutan tahun kabisat mungkin cuma di Indonesia aja sih. Negara-negara di dunia mungkin lebih mengenalnya sebagai 'leap year'. Tahun kabisat diambil dari kata dalam bahasa Arab 'kabisah' yang berarti 'melompat'. Nah, di tahun yang spesial ini, banyak budaya menggunakan katak sebagai simbolnya.

#2 Kok bisa ada tahun kabisat sih?

Kalo ditanya begini, jawabannya panjang. Karena sejarahnya juga panjang gengs. Jadi dulu ada seorang astronom bernama Sosigenes dari Alexandria yang hidup di era Julius Caesar. Menurutnya, waktu yang dibutuhkan Bumi untuk berputar mengelilingi matahari adalah 365,25 hari.

Itu berarti, jumlah 365 hari dalam setahun masih kurang 0,25 hari alias 6 jam. Biar gampang, ditambahin deh satu hari di tahun keempat. Totalnya jadi 366 hari selama tahun keempat berjalan.

Augustus Caesar yang bikin ini semua~ (flickr.com)

#3 Tapi, kenapa cuma bulan Februari aja?

Jawabannya juga panjang nih. Jadi dulu Februari tuh bulan terakhir di setiap tahun. 1 Maret berarti awal tahun baru. Nah, tadinya Februari juga punya 29 hari yang jadi bertambah satu hari. Total 30 hari.

Begitu Julius Caesar turun tahta dan digantikan August Caesar, August mengotak-atik tanggalan yang udah ditetapkan itu. dia mengurangi hari di bulan Februari dan dipindahkan ke bulan Agustus. Makanya Juli dan Agustus berjumlah 31 hari. Katanya biar sesuai sama namanya.

Terus, bulan Februari yang aslinya 29 hari jadi cuma 28 hari doang. Nah, setiap tahun kabisat itulah Februari jadi 29 hari.

#4 Karena cuma 4 tahun sekali, orang yang lahir tanggal 29 Februari disebut 'Leaper'

Kalo kamu lahir di tanggal 29 Februari, berarti kamu adalah salah satu 'leaper' gengs. Nah, tanggal 29 Februari juga spesial banget di sebuah kota di Texas, Amerika Serikat.

Di sana, ada sebuah perayaan parade balon udara. Ada juga karnaval dan berbagai turnamen yang cuma diikuti oleh para leaper dari berbagai usia. Kalo kamu ulang tahun, dirayain gak nih gengs?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"