Tahukah Kalian, 9 Benda Ini Jauh Lebih Kotor dari Alas Duduk Kloset!

Tahukah Kalian, 9 Benda Ini Jauh Lebih Kotor dari Alas Duduk Kloset!

Setiap hari, kita pasti bersentuhan dengan banyak benda-benda. Tapi tanpa kita sadari, benda-benda tersebut bisa aja lebih kotor dari ... alas duduk kloset di WC sekalipun.

Di sana tinggal banyak kuman yang bisa membahayakan kesehatan kita. Terutama anak-anak nih. Emang apa aja sih benda-benda tersebut? Soalnya biasa kita gunakan sehari-hari gengs.

Seperti dikutip dari Kompas.com, simak deh 9 benda yang lebih kotor dari alas duduk kloset berikut ini.

1. Gawai dan smartphone

1. Gawai dan smartphone Smartphone kalian, gawai kalian, kotor banget gengs (devicemagic.com)

Pada 2013 lalu, tim peneliti dari Inggris memeriksa 30 gawai, 30 ponsel, dan alas duduk kloset di kantor. Kemudian ditemukan bahwa sebuah gawai mengandung 600 unit bakteri staphylococcus yang bisa menyebabkan infeksi kulit.

Sementara smartphone kita mengandung 140 unit bakteri. Lalu alas duduk kloset memiliki 20 unit bakteri. Jadi banyakan mana tuh?

2. Keran air

2. Keran air Keran air juga kotor tuh gengs (parents.com)

Keran air yang biasa kita sentuh sehari-hari ternyata memiliki 21 kali lebih banyak bakteri ketimbang dudukan kloset loh. Kalo keran dapur malah 4 kali lebih banyak.

Makanya kita disarankan untuk menggunakan desinfektan dan membersihkan wastafel secara teratur.

3. Tas

3. Tas Tas kalian juga lebih kotor dari alas duduk kloset gengs (verywellfit.com)

Ketika memeriksa 25 tas tangan, para peneliti juga menemukan bahwa tas justru tiga kali lebih kotor daripada alas dudukan kloset. Soalnya, tas yang kita gunakan secara rutin bisa 10 kali lebih kotor loh.

Tali tas juga mengandung banyak bakteri. Bahkan virus radang lambung juga terbukti bersarang di sana, termasuk tas belanja yang digunakan terus.

4. Sikat gigi

4.  Sikat gigi Sikat gigi kalian juga kotor bat ituh! (huffpost.com)

Saat kita menyiram toilet, air yang mengandung kotoran bisa menyebar dalam radius enam meter. Ini kata Dr. Phillip Tiemo Jr., seorang pakar mikrobiologi di New York University.

Makanya, kalo kalian membiarkan sikat gigi dalam kondisi terbuka, berarti kotoran bisa tinggal di sika gigi kalian. Dan kalian pake sehari-hari pula.

5. Tombol lift

5. Tombol lift Tombol lift, kotor banget ihhh (shutterstock.com)

Studi yang dilakukan Toronto University menemukan bahwa tombol lift juga mengandung lebih banyak bakteri daripada alas duduk toilet. Studi di Arab Saudi juga menemukan bahwa 97 persen tombol lift telah terkontaminasi.

Satu di antara 10 lift bahkan memiliki kuman yang bisa menyebabkan keracunan makanan atau infeksi sinus. Hmm ... ngeri juga ya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"