Surabaya atau Blitar, Sebenarnya Soekarno Lahir di Mana?

Surabaya atau Blitar, Sebenarnya Soekarno Lahir di Mana?

Bulan Juni tidak hanya ditandai sebagai hari lahirnya Pancasila, melainkan juga kelahiran sang pencetus, yaitu proklamator sekaligus Presiden RI pertama, Soekarno. Selama ini, sejumlah versi sejarah menyebut bahwa beliau lahir pada 6 Juni 1901. Namun, ada beberapa pendapat lain yang berbeda versi.

Soekarno sendiri mengaku lahir pada tanggal 6 Juni 1901. Hal ini tertulis dalam buku biografi yang ditulis oleh Cindy Adams, berjudul Soekarno Penyambung Lidah Rakyat.

"Hari lahirku ditandai oleh angka serba enam. Tanggal enam, bulan enam," tulis buku tersebut. Dia juga bilang, "Karena aku dilahirkan di tahun 1901," kata Presiden Pertama Indonesia itu. Dalam buku itu, Soekarno mengaku lahir saat fajar, sehingga kemudian banyak yang menyebutnya "Putra Sang Fajar".

Soekarno (Istimewa)

Dalam buku biografi tersebut Soekarno juga mengaku lahit di Surabaya bukan Blitar. Meski begitu, versi yang selama ini beredar pada masa era Orde Baru menyebutkan jika Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur. Namun, bukti dokumen memperlihatkan pernyataan berbeda dari versi kelahiran Soekarno pada 6 Juni 1901.

Perbedaan tanggal dan tempat kelahiran Soekarno sampai saat ini masih menjadi polemik yang bahkan melibatkan Presiden Joko Widodo. Polemik itu terjadi ketika Presiden Jokowi berpidato dalam peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2015 di kota Blitar Jawa Timur. Dalam pidatonya, Jokowi menyebut bahwa Soekarno lahir di Blitar, padahal proklamator kemerdekaan Indonesia itu lahir di Surabaya.

Berbeda dengan Cindy Adams, Lambert Giebels dalam bukunya, Soekarno, Biografi Politik 1901-1950, menyebut Bung Karno dilahirkan di Jalan Pasar Besar, Surabaya. Buku otentik yang memuat data pribadi Soekarno saat kuliah yang dimiliki oleh Bambang Eryudhawan, seorang arsitek dan pemerhati sejarah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"