Sungguh Mencengangkan! Inilah Kisah 30 Wanita yang Jadi Penghuni Pertama Madagaskar, 23 Di Antaranya Orang Indonesia!

Sungguh Mencengangkan! Inilah Kisah 30 Wanita yang Jadi Penghuni Pertama Madagaskar, 23 Di Antaranya Orang Indonesia!

Madagaskar dikenal sebagai wilayah dengan keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Republik Madagaskar sendiri merupakan sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau itu juga menjadi salah satu tempat terakhir yang dihuni manusia, dan menurut sebuah penelitian, itu terjadi sejak 1.200 tahun yang lalu.

Dikuti dari sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, Senin (18/4/2022) sekelompok wanita asal Indonesia menjadi manusia pertama yang tinggal di Madagaskar. Ini jelas merupakan fakta yang sangat mencengangkan mengingat Madagaskar punya jarak yang sangat jauh dengan Indonesia.

Peneliti menduga, hal itu terjadi secara tak sengaja ketika kapal dagang mereka terbalik dan terdampar di pulau tersebut. Analisis genetik sebelumnya menunjukkan, alih-alih dari Afrika, orang-orang yang tinggal di Madagaskar di lepas pantai timur Afrika justru berasal dari Indonesia yang memiliki jarak 5.600 kilometer jauhnya.

"Apa yang belum kami ketahui adalah bagaimana tepatnya itu terjadi. Kapan orang-orang itu tiba dan bagaimana mereka tiba?" kata Cox dilansir dari sumber yang sama.

Madagaskar (SeaTemperatu.re)

Untuk mengetahuinya, Cox dan timnya menganalisis gen 300 orang Madagaskar asli dan 3.000 orang Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa gen memiliki kesamaan antara genom orang Indonesia dan Madagaskar. Sedangkan untuk mengetahui berapa lama dan berapa banyak orang Indonesia ketika pertama kali menginjakkan kaki di Madagaskar, tim melakukan simulasi komputer, dimulai dengan populasi awal hingga hasilnya sama dengan populasi yang sekarang.

Dari simulasi itu peneliti menemukan, Madagaskar kemungkinan dihuni oleh sekitar 30 wanita sekitar 1.200 tahun lalu. 93 persen atau 28 dari wanita ini adalah orang Indonesia dan 7 persen lainnya adalah orang Afrika.

Penelitian sebelumnya di Madagaskar, khususnya pada kromosom seks Y–diwariskan dari ayah ke anak laki-laki– menunjukkan bahwa laki-laki yang pertama kali tiba di sana juga berasal dari Asia Tenggara, tapi belum diketahui berapa jumlahnya.

"Kami lihat ada kromosom Y Indonesia dalam populasi," kata Cox.

"Kami tahu bahwa laki-laki dan perempuan Madagaskar berasal dari Indonesia, kami hanya tidak tahu persis berapa banyak laki-laki–yang ada di sana. Bukti kami menunjukkan itu juga jumlahnya sedikit," lanjutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"