Suku Rondonia ini Hidup Tanpa Kenal Kosep Waktu Loh Gengs, Cuma Ada Siang dan Malam

Suku Rondonia ini Hidup Tanpa Kenal Kosep Waktu Loh Gengs, Cuma Ada Siang dan Malam

Bayangkan hiudp jaman dahulu ketika belum ditemkan jam dan kelender. Kira-kira kalian bakalan pilih mana gengs? Kyak ekarang yang terjadwal atau gak usah ada jam aja?

Kalau kalian milih buat gak usah ada ukuran waktu, ada yang sama kok gengs. Penduduk yang gak setuju sama konsep waktu. Penduduk suku Amondawa di Rondonia yang berada di pedalaman Brazil gak pake bulan dan tahun.

Fakta unik ini terungkap setelah ada ilmuwan yang meneliti tempat itu. Terus gak ada umur juga gengs karena gak pake bulan dan tahun.

Konsep waktu (myexperience.com)

Kata Profesor Chris Sinha dari Universitas of Portsmouth, orang-orang yang menghuni Hutan Amazon ini membuktikan bahwa konsep waktu nggak universal seperti yang selama ini diperkirakan.

"Untuk orang-orang Amondawa, waktu tidak hadir dalam cara yang sama seperti kebanyakan orang," ujar Sinha.

Dengan adanya penemuan ini, terkuak kalau masih ada satu budaya yang belum mempunyai konsep waktu sebagai sesuatu yang bisa diukur, dihitung, atau dibicarakan. Mereka hidup dengan konsep yang beda.

Penelitian ini dilakukan selama delapan minggu. Tim peneliti yang terdiri atas ahli bahasa Wany Sampaio dan antropolog Vera da Silva Sinha.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"