Suku di Indonesia yang Jarang Kita Ketahui

Suku di Indonesia yang Jarang Kita Ketahui

Jika menyebut siapa orang Indonesia, kita harus mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang terdiri atas ribuan suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari sekian banyak suku di Indonesia, kita mungkin tahu suku-suku besar seperti Jawa, Dayak, Kalimantan, Bugis, Batak, Melayu, dan sebagainya.

Tetapi tak jarang juga ditemui suku-suku minoritas yang memiliki identitas atau kebudayaanya sendiri. Kita jarang mengetahuinya, dan jarang pula mereka diekspos ke publik. Bahkan ada beberapa suku yang masih misterius. Yuk gengs kita cari tahu suku di Indonesia yang jarang kita ketahui di bawah ini.

1. Suku Samin

Di Pulau Jawa terdapat satu suku yang sebenarnya masih satu rumpun dengan orang Jawa. Mereka masih menggunakan bahasa Jawa, tetapi mereka memiliki kebudayaan yang sangat berbeda dengan suku Jawa pada umumnya. Mereka adalah orang-orang Samin.

Suku ini banyak menetap di Kabupaten Pati, Blora, dan Bojonegoro. Mereka hidup dengan cara sederhana dan menjadikan pertanian sebagai mata pencaharian utama mereka.

Suku Samin (louisalx.blogspot.co.id)

Karena mereka memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan, masyarakat Samin sangat terganggu dengan rencana pembangungan proyek pabrik semen di kawasan dekat tempat hidup mereka.

Warga Suku Samin juga mudah dikenali dari pakaian mereka yang masih mempertahankan cara berpakaian tradisional seperti baju lengan panjang tanpa kerah berwarna hitam untuk kaum laki-laki dan wanitanya menggunakan kebaya.

2. Suku Laut

Di Kepulauan Riau terdapat sebuah suku yang menggantungkan hidupnya 100 persen di atas laut. Mereka disebut dengan Suku Laut. Belum diketahui darimana penyebutan ini berasal tetapi banyak yang menganggap bahwa suku ini merupakan sisa-sisa kejayaan maritim Kerajaan Sriwijaya.

Suku Laut (boombastis.com)

Kondisi suku ini bisa dikatakan hampir terancam punah. Pasalnya kehidupan sebagai nelayan dengan teknik tradisional sudah sangat susah untuk bertahan hidup.

Suku Laut juga hidup nomaden di laut lepas dan sungai-sungai Kepulauan Riau. Apalagi laut di Indonesia sekarang sudah semakin kekurangan ikan karena praktik overfishing dan pencemaran laut. Hanya nelayan berteknologi tinggi yang masih bisa mendapatkan keuntungan besar dari laut.

3. Suku Mante

Suku yang satu ini adalah satu dari sekian suku di Indonesia yang jarang kita ketahui karea keberadaannya yang sangat misterius. Tetapi belakangan ini tersebar video sosok misterius di pedalaman hutan Aceh. Sosok ini dikaitakan dengan salah satu suku yang tinggal di hutan-hutan terdalam Aceh yaitu Suku Mante. 

Suku Mante (tribunnews.com)

Suku Mante sudah lama menjadi legenda karena keberadaannya yang tidak diketahui pasti. Beberapa legenda terkait suku asli Indonesia adalah mereka mempunyai ciri-ciri fisik tertentu salah satu yang paling mencolok adalah ukuran tubuhnya yang kecil atau bisa dibilang sebagai orang kerdil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"