Sudah Tahu Belum Kalau 5 Daerah Ini Jadi Dataran Rendah di Pulau Jawa, Jakarta Nggak Termasuk

Sudah Tahu Belum Kalau 5 Daerah Ini Jadi Dataran Rendah di Pulau Jawa, Jakarta Nggak Termasuk

Pulau Jawa memiliki banyak bentang alam, mulai dari gunung, lembah, bukit, sungai, daratan tinggi, hingga dataran rendah di Pulau Jawa . Jakarta sebagai wilayah yang konon akan terendam air laut beberapa tahun mendatang ternyata  Jakarta  tidak termasuk di dalamnya.

Yang namanya dataran rendah sudah pasti jauh dari kawasan gunung atau dataran tinggi lainnya. Kawasan ini biasanya dekat dengan laut atau pantai dan memiliki suhu udara cukup tinggi atau panas. Berikut ini beberapa daerah yang termasuk dalam dataran rendah di Pulau Jawa.

1. Semarang

Ibu kota provinsi Jawa Tengah ini masuk dalam wilayah dataran rendah Semarang. Ketinggian Semarang tak sampai 200 meter di atas permukaan laut. Kawasan Semarang yang rendah membuat beberapa wilayah sejajar dengan pantai atau laut yang membuat kerap ada banjir rob di waktu tertentu. Beberapa pantai di Semarang yang terkenal adalah Pantai Marina dan Pantai Tirang.

Kota Semarang (Kompas.com)

2. Madiun

Bergeser dari Jawa Tengah ke Jawa Timur, terdapat Madiun yang disebut sebagai dataran rendah di Pulau Jawa. Dataran rendah di Madiun memiliki ketinggian tidak sampai 200 meter di atas permukaan laut



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"