Sudah Tahu Belum, Ini Perbedaan Kostrad dan Kopassus, Padahal Keduanya Sama-sama Pasukan Elite TNI AD

Sudah Tahu Belum, Ini Perbedaan Kostrad dan Kopassus, Padahal Keduanya Sama-sama Pasukan Elite TNI AD

Kostrad merupakan kepanjangan dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, sementara Kopassus  adalah Komando Pasukan Khusus adalah dua pasukan TNI  Angkatan Darat yang sejak puluhan tahun menunjukan eksistensinya dalam menjaga kedaulatan negara Indonesia.

Beberapa peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, baik Kostrad dan Kopassus sama-sama mengambil bagian dalam melakukan kordinasi dan menumpas musuh, misalnya dalam operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora , Pepera di Irian Barat, Seroja di Tomor Timur, hingga penumpasan G30S/PKI.

Kostrad dan Kopassus sama-sama memiliki perbedaan yang sebenarnya cukup mencolok, meskipun punya ciri khas dan kekuatan sendiri. Berikut ada beberapa perbedaan Kostrad dan Kopassus.

Pasukan Kostrad (LINE Today)

1. Warna Baret

Baret atau topi yang digunakan pasukan Kostrad dan Kopassus berbeda. Jika pasukan Kostrad mengenakan baret warna hijau, pasukan Kopassus mengenakan baret warna merah.

2. Warna Seragam

Jika diperhatikan, bedanya pasukan Kostrad dan Kopassus juga terlihat dari jenis seragam yang mereka kenakan. Pasukan Kostrad mengenakan seragam TNI loreng hijau tua dan cokelat tua, sementara Kopassus berseragam warna merah kecokelatan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"