Sosok Darwanto: Penyelamat Anak SMPN 1 Turi di Sungai Sempor, Ini Kisahnya!

Sosok Darwanto: Penyelamat Anak SMPN 1 Turi di Sungai Sempor, Ini Kisahnya!

Turut berduka atas meninggalnya siswa SMPN 1 Turi, DIY yang tewas pada Jumat (21/2). Kegiatan susur sungai yang diadakan di SMP ini telah menewaskan 10 siswa dan puluhan lainnya luka-luka. Sedih banget ya gengs!

Polisi sendiri udah menahan IYA yang merupakan guru olahraga dan pembina Pramuka di SMP N 1 Turi. Ia dijerat dengan pasal 359 KUHP, kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia.

Peristiwa ini sangat mengerikan gengs. Waktu kegiatan susur sungai, hujan datang dan ada arus deras yang datang tiba-tiba di sungai yang menyebabkan banyak anak terseret arus.

Darwanto yang menyelamatkan anak SMPN 1 Turi (harianmerapi.com)

Nah, ada sosok di balik peristiwa ini yang berusaha menolong anak-anak saat terjebak di sungai. Dialah Darwanto alias Kodir, warga Dusun Kembangarum Wetan Kali, Desa Donokerto, Kecamatan Turi. 

Awalnya, dia mau memancing ikan di sungai. Waktu itu masih hujan. Hujan deras berlangsung setengah jam. Barulah kemudian dia mendengar jeritan minta tolong. 

Nggak pakai pikir panjang, pria berusia 37 tahun ini langsung mencari sumber suara. Darwanto melihat banyak anak-anak berjuang, berusaha bertahan menghadapi arus. Menurutnya, ada yang pegangan kayu, batu, dan nggak sedikit yang terseret arus.

Darwanto menyelamatkan siswa di Sungai Sempor (Tribunnews.com)

Dia lalu memutuskan buat melompat dan menolong anak-anak itu satu per satu. Darwanto yang sudah hapal dengan kondisi sungai membawa anak-anak tersebut mengevakuasi anak-anak yang memegang batu di tengah sungai. Ia membawa anak-anak naik. 

Saat itu, kemudian dia dibantu oleh adiknya. Adik Darwanto menolong anak-anak yang di tengah, sementara Darwanto menolong yang di pinggir.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"