Siapa Sih yang Mulai Tren #10YearsChallenge Duluan?

Siapa Sih yang Mulai Tren #10YearsChallenge Duluan?

Belakangan #10YearsChallenge lagi trending banget nih. 'Tantangan' ini lagi populer banget di antara para pengguna media sosial di seluruh dunia dalam beberapa hari terakhir.

Gak peduli laki-laki atau perempuan, muda atau tua, tampil menunjukkan perbandingan dirinya dalam 10 tahun terakhir melalui unggahan foto. Foto lama, sekitar tahun 2008-2009, disandingkan dengan foto terbaru yang diambil pada 2018-2019 ini.

#10YearsChalleng (Instagram #10YearsChalleng)

Hasilnya? Lucu-lucu juga ya. Ada yang tampil jauh berbeda, ada juga yang masih terlihat gak jauh berbeda. Rata-rata sih berubah dari segi penampilan, gaya busana, make up, profesi, dan lain sebagainya.

Seperti dikutip dari Kompas.com, hingga Rabu (16/1/2019) ini, lebih dari 1,3 juta foto yang berasal dari berbagai negara telah diunggah di Instagram. Masing-masing jelas menyertakan tagar #10YearsChallenge dong.

Pak Ridwan Kamil satu dekade lalu (Instagram @ridwankamil)

Yang jadi pertanyaan nih ya: siapa sih yang memulai tantangan ini? Soalnya viral banget nih di seluruh dunia.

Know Your Meme, sebuah laman yang mengulik tren di media sosial menyebutkan bahwa tantangan #10YearsChallenge berawal dari unggahan seorang meteorolog. Lah, malah meteorolog ya.

Dia adalah Damon Lane dari Negara Bagian Oklahoma, Amerika Serikat. Dia mengunggah fotonya di akun Facebook-nya @KOCOdamonlane. Lane mengunggah sebuah foto pada 11 Januari lalu waktu setempat. Ia menyandingkan foto dirinya di masa lalu dan fotonya sekarang.

Ini dia Damon Lane, orang pertama yang bikin #10YearsChallenge (Facebook Meteorologist Damon Lane)

Awalnya, Lane menyebut unggahan itu sebagai tantangan "How Hard Did Age Hit You". Foto yang diunggah Lane diambil dari foto profil pertama dan paling terbaru di Facebook-nya.

Dalam unggahannya itu, Lane mengajak orang-orang untuk melakukan hal yang sama. Dengan cara itu, kita jadi bisa melihat perbedaan apa yang sudah terjadi selama ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"