Siapa Bilang Jadi Petani Gak Bisa Sukses? Lulusan S2 IPB Ini Buktikan Diri Hingga Raih Omset Ratusan Juta!

Siapa Bilang Jadi Petani Gak Bisa Sukses? Lulusan S2 IPB Ini Buktikan Diri Hingga Raih Omset Ratusan Juta!

Anak muda jaman sekarang banyak yang gak mau jadi petani. Pokoknya setelah lulus kuliah, bisa kerja di kantor yang enak dengan gaji tinggi. Padahal kenyataannya belom tentu begitu ya gengs.

Tapi, cowok ini kayaknya malah sebaliknya deh. Doi malah jadi petani, gak malu dan gak gengsi tuh kayak anak muda jaman sekarang. Cowok ini bahkan sukses dengan dunia yang digelutinya saat ini.

Sandi Octa Susila, petani milenial lulusan S2 IPB (swadayaonline.com)

Cowok ini adalah Sandi Octa Susila. Dia adalah salah satu pemuda sukses asal Cianjur, Jawa Barat. Prestasinya sebagai "petani" banyak banget, makanya gak heran kalo dia menjadi salah satu petani milenial yang sukses di Tanah Air.

Sebelum menjadi petani, Sandi membekali diri dengan ilmu pertanian. Dia menempuh studi S1 jurusan Agronomi di Institut Pertanian Bogor (IPB). Menginjak semester 5 dulu, Sandi mulai menjual hasil pertanian seperti palawija dari kebun milik ayahnya secara online.

Saat itu, kliennya berasal dari restoran cepat saji di Indonesia. Dari situlah usaha Sandi mulai membentuk mindset sebagai pengusaha. Dia pun memutuskan untuk menggarap segmen pasar modern, untuk hotel atau restoran.

Sandi punya banyak pengalaman selama jadi pengusaha. Cowok kelahiran 13 Oktober 1992 ini sempat terpuruk karena jadi korban penipuan. Tapi dia gak nyerah dan kembali bangkit mengelola bisnisnya. Dia pun menjemput sendiri hasil pertanian yang akan dijual hingga disalurkan ke konsumen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"