Setelah Pemimpinnya, 6 Anggota Sekte Aum Shinrikyo Dieksekusi Mati Pagi Ini

Setelah Pemimpinnya, 6 Anggota Sekte Aum Shinrikyo Dieksekusi Mati Pagi Ini

Pemimpin sekte keagamaan Aum Shinkiryo, Shoko Asahara, yang melakukan aksi teror di Tokyo pada 1995 silam telah dihukum gantung awal Juli ini. Sekarang, giliran enam anggota lainnya yang menghadapi eksekusi mati.

Enam anggota sekte hari kiamat Aum Shinkiryo yang dieksekusi adalah Satoru Hashimoto, Toru Toyoda, Kenichi Hirose, Yasuo Hayashi, Masato Yokoyama, serta Kazuaki Okazaki. Keenam pengikut sekte keagamaan ini dieksekusi pada Kamis (26/7/2018) pagi ini.

cnn.com

Keenam orang tersebut dijatuhi hukuman setelah dinyatakan bersalah karena terlibat dalam serangan gas sarin. Gas berbahaya itu ditumpahkan di dalam kereta. Pelakunya menggunakan obat penangkal racun gas dan melarikan diri. 

Serangan gas itu membuat seluruh penumpang yang berdesakan di dalam kereta mengalami kesulitan bernapas dan berebut mencari pintu keluar. Peristiwa itu sendiri terjadi di stasiun kereta bawah tanah Kasumigaseki, Tokyo, pada 20 Maret 1995 lalu.

dw.com

Selain Tokyo, kelompok ini mengatasnamakan keselamatan untuk mengendalikan Jepang ini juga melakukan serangan gas sarin lainnya di prefektur Nagano pada 1994. Mereka juga melakukan pembunuhan seorang pengaraca, berikut istri serta bayinya pada 1989.

13 terpidana mati sekte Aum awalnya ditahan di Tokyo, namun setelah itu, tujuh lainnya dipindahkan ke fasilitas lain. Eksekusi yang mereka terima pun dijatauhkan berdasarkan tingkatan di dalam sekte mereka.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"