Setelah London, 'Baby Trump' Mengudara di New Jersey

Setelah London, 'Baby Trump' Mengudara di New Jersey

Dalam kunjungan Presiden Donald Trump ke Inggris pada Jumat (13/7/2018) lalu, sekelompok orang melakukan aksi protes terhadapnya. Kala itu, para demonstran membawa sesuatu yang unik, yakni balon raksasa "Baby Trump". Balon itu melayang di Parliament Square, London, Inggris.

Leo Murray, tim penggagas parodi balon raksasa itu mengatakan balon itu telah sesuai dengan karakter Trump yang mencerminkan persona "kekanak-kanakan dan ofensif". Izin melayangkan balon itu telah diberikan oleh Otoritas London Raya serta Wali Kota London Sadiq Khan.

Beberapa hari setelah mengudara di Parliament Square, balon itu tampak mengudara lagi di langit New Jersey, Amerika Serikat. Kali ini, "baby Trump" digiring oleh sejumlah aktivis yang berhasil menyita perhatian publik.

Balon setinggi enam meter itu melayang-layang di dekat Trump National Golf Club di Bedminster, New Jersey, tempat Trump biasa menghabiskan akhir pekan musim panasnya. Salah satu panitia penyelenggara, Jim Girvan, mengatakan bahwa mereka membuat "Baby Trump" baru dari cetakan aslinya. Izinnya telah dibrikan oleh aktivis di Inggris.

twitter.com @GMA

Balon bergambar Donald Trump memakai popok itu adalah bagian dari kampanye yang digagas GoFundMe. Dalam tiga hari saja, badan itu telah mengumpulkan lebih dari 17 ribu dollar AS (sekitar Rp 224,8 juta). Hingga kini, dana yang masuk ke kas badan itu masih terus mengalir, dan mereka berencana untuk membuat tiga buah "Baby Trump" lagi.

Girvan, salah satu pengurus People's Motorcade yang berkomitmen menyuarakan oposisi terhadap kebijakan adminstrasi Trump, menjelaskan pihaknya telah mengajukan izin kepada polisi Bedminster. Namun, tak terpikirkan oleh Girvan terdapa aturan daerah setempat yang menentang penerbangan balon udara atau sejenisnya.

Kelompok aktivis dan Girvan pun masih berkomunikasi dengan pejabat lokal untuk memastikan mereka tak melanggar aturan tersebut. Sejalan dengan itu, pihaknya juga terus berkomunikais dengan produsen untuk segera menyelesaikan pesanan mereka. Karena dibutuhkan dua hingga empat minggu pengerjaan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"