Sering Overthinking? Coba Deh 5 Kiat Mudah Ini, Biar Hidupmu Terus Berjalan di Tengah Banyaknya Gempuran!

Sering Overthinking? Coba Deh 5 Kiat Mudah Ini, Biar Hidupmu Terus Berjalan di Tengah Banyaknya Gempuran!

Kita memang disarankan untuk berpikir dahulu sebelum melakukan sesuatu. Sebab, bertindak gegabah hanya akan menimbulkan masalah nantinya. Namun, berpikir yang terlalu berlebihan, atau sering dikenal dengan istilah overthinking, juga tidak baik, lho. Alih-alih mencegahmu dari kegagalan, justru hal tersebut bisa bikin hidupmu nggak maju-maju. Kamu akan selalu dihantui ketakutan untuk melakukan sesuatu.

Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa kiat mudah mengatasi overthinking yang bisa kamu terapkan. Apa saja? Yuk, kepoin!

1. Fokus pada apa yang sedang kamu lakukan saat ini

Ilustrasi Overthinking (Ins. Magazine)

Supaya pikiranmu nggak ke mana-mana, biasakan untuk selalu fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. Terserah apa nanti hasilnya. Setidaknya, pikiranmu nggak sibuk dengan hanya memikirkan hal-hal buruk yang belum tentu terjadi.

2. Sering-sering melakukan latihan pernapasan

Saat overthinking, rasanya kepala mau pecah karena ada banyak pikiran yang berkecamuk. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu kedamaian hatimu dan membuatmu sulit bahagia. Salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan sering-sering melakukan latihan pernapasan. Biasanya setelah melakukannya beberapa lama, detak jantungmu jadi lebih teratur, pikiranmu jadi lebih terarah, dan hatimu jadi lebih tenang.

3. Jangan mengharapkan hasil sempurna

Akan sulit kalau kamu selalu berharap mendapatkan hasil yang sempurna. Hal ini bisa menjebakmu jadi overthinking. Terus memikirkan berbagai risiko gagal sampai akhirnya nggak mulai-mulai malah jadi keduluan orang lain. Yang rugi kamu sendiri akhirnya, kan?

Meski sudah di atur dengan baik, kamu harus selalu siap dengan segala risiko bahkan jika harus gagal. Namanya juga manusia. Wajar dong kalau salah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"