Sering Banget "Menantang" Indonesia, Sekuat Apa Sih Militer Malaysia?

Sering Banget "Menantang" Indonesia, Sekuat Apa Sih Militer Malaysia?

Malaysia tercatat telah beberapa kali "menantang" Indonesia dalam banyak kasus. Mulai dari klaim daerah, klaim batik, dan beberapa hal lainnya. 

Apa sih yang membuat Malaysia merasa di atas angin hingga sering "menantang" Indonesia? Sekuat apa sih militer Malaysia?

Sebagai negara yang besar, kita gak boleh sombong dulu gengs sama kekuatan militer Negeri Jiran. Studi Lowy Institute tahun 2018 menempatkan Indonesia di posisi ke-10 dari 25 negara di kawasan Asia Pasifik.

Sekuat apa sih militer Malaysia? (therakyatpost.com)

Dalam studi itu, peringkat militer Singapura berada di posisi ke-8 dan Malaysia di posisi ke-9. Peringkat militer itu karena Malaysia punya sumber daya ekonomi yang relatif lebih baik daripada Indonesia.

Kekuatan militer Malaysia didukung oleh 410.000 personel militer. Malaysia punya 12,5 jutaan populasi yang laya untuk wajib militer. Sementara total kekuatan militer Angkatan Udara Malaysia mencapai 170 unit.

Ratusan unit kekuatan militer Malaysia itu terdiri dari 26 pesawat tempur, 13 pesawat serbu, 18 pesawat pengangkut, 40 pesawat tempur latih, 4 pesawat unik misi khusus, dan 65 helikopter.

Sementara Angkatan Darat Malaysia memiliki 74 tank, 1.387 kendaraan tempur lapis baja, 211 artileri, dan 54 proyektor roket. Nah, Angkatan Laut Malaysia memiliki 61 aset yang terdiri dari 6 fregat, 6 korvet, 2 kapal selam, 41 kapal patroli, dan 4 kapal ranjau.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"