Serba-Serbi Valentine’s Day: Asal Usul hingga Perayaan di Beberapa Negara

Serba-Serbi Valentine’s Day: Asal Usul hingga Perayaan di Beberapa Negara

Valentine’s Day, atau yang juga dikenal dengan hari kasih sayang, dirayakan setiap tanggal 14 Februari di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, momen ini menjadi waktu muda mudi untuk saling memberi hadiah kepada pasangan. Namun sebenarnya bagaimana sejarah awal peringatan ini hingga diperingati tiap tahun? Berikut informasinya.

Asal Usul Valentine’s Day

Asal Usul Valentine’s Day Serba-Serbi Valentine’s Day (via Good Morning America)

Sedikitnya ada dua versi terkait asal usul Valentine's Day. Versi pertama asal usul Valentine's Day adalah perayaan Romawi Kuno bernama Lupercalia. Lupercalia adalah tradisi Romawi Kuno pada tanggal 15 Februari sebagai penghormatan kepada dewa kesuburan. Di masa itu, tradisi ini tidak terlepas dengan hal-hal yang berbau seks.

Versi kedua berasal dari kisah Valentine, seorang pendeta Roma. Saat itu, Kaisar Claudius II memutuskan untuk melarang pernikahan untuk pria muda karena mereka dianggap lebih baik untuk dijadikan prajurit. Pendeta St. Valentine menentang aturan tersebut karena menganggap aturan tersebut tidak adil.

Valentin kemudian dihukum mati pada 14 Februari 270 masehi karena menikahkan pasangan muda secara diam-diam. Karena itu, hari kematian St. Valentine dirayakannya sebagai hari kasih sayang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"