Serang Israel dari Jalur Gaza, Ini Fakta-Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Kelompok Hamas

Serang Israel dari Jalur Gaza, Ini Fakta-Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Kelompok Hamas

Tanggal 6 Oktober 2023 menjadi hari yang cukup mengejutkan bagi dunia internasional. Kelompok Hamas mengirimkan 5000 roket dari Gaza untuk menyerang Israel. Pihak Hamas mengungkapkan bahwa serangan ini adalah salah satu usaha mengakhiri penjajahan terakhir yang kini masih berlangsung di muka bumi, yaitu Israel pada Palestina, yang sudah berlangsung selama 75 tahun.

Serangan ini memicu konflik. Perang pecah saat Israel melontarkan serangan balasan atas tindakan Hamas. Ribuan orang dilaporkan meninggal dunia, tak terkecuali warga sipil. Kejadian ini pun memicu beragam reaksi dari internasional. Lalu apa itu Hamas? Simak beberapa fakta berikut ini:

1. Apa Itu Hamas?

Fakta tentang Hamas (via Viva)

Hamas adalah organisasi politik dan militer yang memiliki peran penting dalam konflik Israel-Palestina. Melansir Britannica, organisasi yang merupakan kependekan dari dari "Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah" (Gerakan Perlawanan Islam) ini didirikan pada 14 Desember 1987 selama Intifada Pertama (pemberontakan rakyat Palestina melawan pendudukan Israel).

Awalnya Hamas sebagai gerakan kecil yang berasal dari kelompok-kelompok Islamis yang fokus mereka adalah pada kegiatan amal dan sosial di wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel. Namun, ketika Intifada Pertama pecah pada tahun 1987, Hamas mulai menggunakan taktik perlawanan bersenjata terhadap pendudukan Israel.

Hamas memiliki basis kuat di wilayah Palestina, khususnya jalur Gaza, dan telah menjadi pemain utama dalam politik Palestina. Organisasi ini juga dianggap paling kuat dibandingkan kelompok sejenis lainnya di negara tersebut.

2. Tujuan Hamas



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"