Selain Suriname di Amerika Selatan Ternyata Ada Keturunan Indonesia yang Terkenal di Sri Lanka Bernama Ja-Minissu, Yuk Kenalan Lebih Dekat

Selain Suriname di Amerika Selatan Ternyata Ada Keturunan Indonesia yang Terkenal di Sri Lanka Bernama Ja-Minissu, Yuk Kenalan Lebih Dekat
Ilustrasi Ja-Minissu di Sri Lanka (Kumparan)

Keturunan orang Indonesia di luar negeri memang sering ditemui. Bahkan menurut penelitian, 45% populasi suku Jawa tersebar di seluruh dunia. Berdasarkan data tersebut, maka nggak heran kalau banyak ditemui suku Jawa di negara selain Indonesia.

Misalnya aja, di Suriname dan Belanda yang ternyata banyak yang bisa berbahasa Jawa karena memang keturunan Indonesia. Keren ya. Meski jauh dari tanah nenek moyang, namun mereka tetap menjaga tradisi dan bahasanya yang dibawa dulu.

Di daerah Asia lain, ternyata ada juga loh keturunan Indonesia yang menetap di sana dan jarang atau bahkan tidak kamu tahu sebelumnya. Dalam bahasa Sinhala, mereka disebut Ja-Minnisu, yakni para keturunan orang Jawa yang menetap di Sri Lanka dan beranak pinak di sana. 

Ilustrasi Ja-Minissu di Sri Lanka (Kumparan)

Uniknya mereka ini bahkan mempengaruhi budaya dan bahasa asli sehingga banyak kata serapan di bahasa Sri Lanka yang berasal dari Indonesia. Nah, biar kamu gak penasaran, simak ulasan berikut ini ya.

Meski sudah lama tinggal dan beranak pinak disana, tetapi bahasa atau budaya Jawa di Sri Lanka sudah lumayan pudar. Bukan berarti hilang, namun telah banyak yang berasimilasi dengan bahasa dan budaya setempat. Oleh sebab itu, tidak seperti Suriname yang masih ditemui bahasa Jawa, di sana penutur aslinya jarang sekali ditemui. Namun, kata-kata serapan dalam bahasa Jawa masih banyak dan sering ditemukan.

Sebenarnya tidak hanya etnis Jawa saja yang ditemui di sana, namun juga daerah di Indonesia lainnya. Misalnya dari Goa, Tidore, Banda, dan Ambon dan Melayu Malaysia. Awal mula kedatangan etnis-etnis ini diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan kuno.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"