Selain Suramadu, Ini Dia Deretan Jembatan Terpanjang di Indonesia

Selain Suramadu, Ini Dia Deretan Jembatan Terpanjang di Indonesia

Terhitung mulai Sabtu, 27 Oktober 2018 kemarin, Jembatan Suramadu resmi beroperasi secara gratis. Berarti kalo kita lewat situ, gak bakal dikenakan biaya lagi deh. Hore dong, horeee....

Jembatan Suramadu kan dikenal sebagai jembatan terpanjang di Indonesia nih gengs. Ada yang tau panjangnya berapa? Yak, panjangnya adalah 5,4 kilometer yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura.

Jembatan itu diresmikan pada 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan resmi digratiskan Oktober tahun ini lewat Peraturan Presiden (Perpres) dari tol menjadi jalan umum. Presiden Jokowi pun hadir untuk meresmikan jembatan ini sebagai jalan umum.

Jembatan Suramadu (rebanas.com)

Nah, karena Indonesia adalah negara kepulauan, banyak daerah-daerah di Indonesia yang dihubungkan pula menggunakan jembatan. Fungsi jembatan itu rata-rata sebagai jalur penghubung antara dua titik, terlebih antar-pulau lho.

Selain Suramadu, ini dia deretan jembatan terpanjang di Indonesia gengs. Kalian perlu tau juga nih.

1. Jembatan Pasupati

1. Jembatan Pasupati Jembatan Pasupati, Bandung (ganlob.com)

Jembatan Pasupati adalah jalan terusan Pasteur dan jalan Suropati, Bandung, Jawa Barat. Jembatan ini punya panjang sekitar 2,1 kilometer dengan lebar jalan sekitar 21,5 meter.

Jembatan Pasupati resmi dioperasikan pada Juni 2005. Jembatan ini dibangun demi memudahkan akses lalu lintas Kota Bandung. Terutama bagi yang hilir-mudik dari dan ke kawasan Jabodetabek.

2. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah

2. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah Jembatan Siak, Riau (bantalanjembatan.blogspot.com)

Nama jembatan ini cukup panjang ya. Dan panjang jembatan ini menjadikannya sebagai jembatan terpanjang ketiga di Indonesia. Totalnya adalah 1,1 kilometer dengan lebar jalan 16,9 meter.

Jembatan ini terletak di atas Sungai Siak, Riau. Struktur jembatan ini menghubungkan lalu lintas dari dan ke Kabupaten Siak dan Jalan Lintas Pekanbaru. Pembangunannya sendiri memakan waktu 5 tahun dan resmi beroperasi sejak 2007 lalu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"