Selain Indonesia, 3 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik Lebaran Lho

Selain Indonesia, 3 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik Lebaran Lho

Gak cuma Indonesia lho yang punya tradisi mudik lebaran. 3 negara ini juga punya tradisi serupa. Penasaran?

Buat umat Islam di seluruh dunia, Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu. Banyak hal dilakukan saat lebaran. Mulai berkumpul dengan keluarga, mempererat silaturahmi, hingga berbagai jenis tradisi juga diselenggarakan di tempat-tempat tertentu.

Berbicara tentang tradisi, sebentar lagi masyarakat Indonesia bakal menjalani tradisi yang menarik untuk diikuti. Saking menariknya, jalannya tradisi ini akan diiringi oleh berbagai media massa.

Tradisi itu adalah tradisi mudik lebaran. Mereka yang menjalaninya adalah orang-orang yang bekerja di kota-kota besar, lalu pulang kampung untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Adakah dari Paragengs yang besok bakal mudik lebaran?

Tradisi lebaran (aljazeera.com)

Eits, selain Indonesia, 3 negara ini juga pun ya tradisi mudik, lho. Dan kemacetan adalah hal yang wajar menjelang lebaran. Terjadi di berbagai penjuru dunia! Nih buktinya.

Arab Saudi

Di Arab Saudi, usai Salat Id, orang-orang akan berkumpul di rumah anggota keluarga paling tua. Dan sebelum mulai acara makan bersama, anak-anak kecil bakal berbaris untuk menerima hadiah berupa orang dari anggota keluarga yang lebih tua.

Kumpul keluarga adalah hal yang wajib bagi masyarakat Arab. Oleh karena itu, menjelang lebaran, jalanan bakal dipenuhi dengan berbagai kendaraan dengan satu tujuan: kampung halaman. Tradisi mudik lebaran yang mirip di Indonesia, kan?

Turki

Tradisi lebaran (aljazeera.com)

Bisa dibilang kalo perlakuan dari pemerintah terhadap tradisi lebaran di negara Turki mirip dengan Indonesia. Dalam istilah Turki, Idul Fitri disebut sebagai Seker Bayrami. Dan hari itu dijadikan sebagai hari libur nasional. Semua kegiatan perkantoran dan sekolah bakal diliburkan.

Kebiasaan masyarakat saat Idul Fitri adalah berkumpul di halaman terbuka, kemudian saling beruluk salam satu sama lainnya. Menyapa semua orang, baik yang dikenal maupun tidak. Lalu, disalami dan dimintai maaf. 

Biasanya pula, beberapa hari menjelang Idul Fitri di Turki adalah hari yang pada. Masyarakat sibuk berbelanja atau memadati padat jalanan.

Tunisia

Negara yang terletak di ujung utara benua Afrika ini memaknai Idul Fitri sebagai perayaan. Sebagai festival di mana kamu harus membagikan kebahagiaan kepada semua orang. Mulai dari biskuit, kuliner lokal, hingga senyuman dan salam persaudaraan.

Tradisi mudik lebaran (aljazeera.com)

Saking pentingnya, perayaan Idul Fitri di kampung halaman tentu sayang banget kalo dilewatkan. Hal itulah yang menjadikan banyak masyarakat Turki memilih pulang beberapa hari menjelang lebaran.

Kesamaan tradisi mudik lebaran dari 3 negara di atas mungkin berasal dari makna Idul Fitri itu sendiri. Di mana kamu bakal disucikan dari berbagai dosa. Oleh karena itu, perayaan dan kumpul dengan sanak saudara adalah hal yang paling tepat dilakukan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"