Sejumlah Gempa Besar Guncang Dunia Hingga Datangkan Banyak Korban

Sejumlah Gempa Besar Guncang Dunia Hingga Datangkan Banyak Korban

Salah satu fenomena alam yang kerap dirasakan oleh umat manusia adalah gelombang pergerakan tanah atau yang biasa disebut dengan gempa. Karena manusia membangun kehidupan di atas kulit bumi yang sewaktu-waktu bisa terdampak oleh gempa.

Seperti gempa di beberapa bagian dunia di bawah ini. Mereka bahkan mencatatkan seberapa besar gempa tersebut terjadi dan berabapa banyak kerugian yang ditimbulkan, baik materi atau korban manusia. Ada negara kita lho dalam daftar ini.

1. Gempa Haiyuan, tahun 1920.

1. Gempa Haiyuan, tahun 1920. Sejumlah gempa besar yang terjadi di beberapa wilayah dunia (alchetron.com)

Pada 16 Desember 1920, gempa dahsyat berkekuatan 7,8 SR pernah terjadi di Haiyuan, Ningxia, Tiongkok. Sekitar 273.400 kematian terjadi akibat gempa ini, dilansir dari laman Alchetron. Lebih dari 73 ribu orang tewas di Haiyuan, sementara di Guyuan menghilangkan nyawa lebih dari 30 ribu orang, tutur laman NBC News.

2. Gempa Kanto, tahun 1923.

2. Gempa Kanto, tahun 1923. Sejumlah gempa besar yang terjadi di beberapa wilayah dunia (nippon.com)

Jepang memang salah satu negara langganan gempa. Tetapi gempa Kanto mengguncang Jepang pada 1 September 1923 sangat membekas dalam sejarah bangsa. Besaran gempa diperkirakan antara 7,9-8,2 SR. Pusat gempa terletak di perairan dangkal Teluk Sagami, sekitar 25 mil (40 kilometer) dari selatan Tokyo. Saat itu, kota Tokyo dan Yokohama sama-sama hancur, terang laman ThoughtCo.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"