Sejarah Union Jack sebagai Bendera Nasional Inggris Raya

Sejarah Union Jack sebagai Bendera Nasional Inggris Raya

"Union Jack" terdiri dari palang merah atau Salib St. George. Susunan bendera ini digabungkan dengan bendera Skotlandia yakni Salib St. Andrew berupa silang biru. Keduanya punya latar belakang berwarna putih.

Bendera ini melambangkan persatuan antara Inggris dan Skotlandia melalui sebuah dekrit kerajaan. Awalnya, bendera ini digunakan untuk keperluan maritim hingga digunakan untuk bendera nasional.

Akan tetapi, bendera Kerajaan Inggris Raya yang kita kenali saat ini berawal dari proklamasi kerajaan menyusul bergabungnya Irlandia ke Inggris Raya pada 1801. Unsur dalam bendera itu bertambah lagi, yakni Salib St. Patrick dari Irlandia Utara.

Selebihnya, hanya bendera Wales sajalah yang tidak tersusun dalam Union Jack. Di sini, Salib St. George merangkap pula sebagai unsur bagi Wales.

Union Jack dibuat atas perintah Raja James VI yang saat itu memerintah Inggris Raya dan Skotlandia pada 1606. Titahnya adalah menggabungkan dua unsur Salib tadi ke dalam satu bendera.

Hingga kini, "Union Jack" menjadi unsur bendera yang paling banyak digunakan di dunia. Terutama sekali oleh negara persemakmurannya seperti Australia, Selandia Baru, serta Fiji.

Selain itu, sejumlah provinsi di Kanada memasukkan unsur ini ke benderanya seperti British Columbia, Manitoba, New Foundland, Labrador, dan Ontario.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"