Sejarah Kolak Ramadhan, Asal-usulnya Dari Mana Sih?

Sejarah Kolak Ramadhan, Asal-usulnya Dari Mana Sih?

Kolak adalah salah satu hidangan Ramadhan saat berbuka yang paling disukai orang. Gimana nggak suka, rasanya manis dan segar. Setelah seharian berpuasa lalu makan kolak, energi terasa balik lagi. 

Nah, sebenarnya asal kolak itu dari mana sih? Melansir Pegi Pegi, kolak pisang asalnya bukan dari nusantara. Bisa jadi punya pengaruh dari Timur Tengah. Orang sana diduga menyukai makanan yang manis kayak kolak pisang gitu.

Kolak Pisang (kelanamakan.com)

Menurut sejarawan dan penulis buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia, Pak Fadly Rahman juga menyebutkan kalo kolak mungkin adalah pengaruh dari budaya Arab. Nama kolak bisa jadi berasal dari 'khalik' yang artinya Tuhan atau pencipta. 

Bahkan, kemungkinan kolak digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan agama Islam. Dengan adanya kolak, diharapkan manusia ingat sama pencipta dan makin mendekatkan diri pada-Nya. 

kolak pisang (selerasa.com)

Isian kolak pun diperkirakan punya makna tertentu. Misalnya, pisang kepok mengacu pada kata kapok. Nah, ini harapannya supaya orang-orang merasa kapok berbuat dosa dan nggak akan melakukan hal buruk lagi. 

Kemudian, ada juga ubi. Ubi kan tumbuh di dalam tamah. Nah, ini mengajak orang-orang agar mau mengubur kesalahan yang pernah dilakukannya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"