Sejarah Kelahiran Hari Pers Nasional yang Harus Kalian Ketahui

Sejarah Kelahiran Hari Pers Nasional yang Harus Kalian Ketahui

Mungkin kalian masih bingung dengan istilah pers. Apa sih pers itu?

Pers atau media massa adalah istilah yang dipakai sejak tahun 1920-an. Dalam Kamus Bahasa Indonesia, pers adalah alat surat kabar dan majalah yang berisi berita. 

Sementara itu, menurut UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Sejarah hari pers nasional (gomerpedia.org)

Hari Pers Nasional sendiri diperingati pada 9 Februari 2019. Kalo kalian belum tau, berikut adalah sejarah tentang Hari Pers Nasional:

1. Kemunculan PWI

Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI berhubungan erat dengan Hari Pers Nasional. Melansir dari Gramedia.com, PWI adalah sarana dan lambang persatuan para wartawan Indonesia dalam mertahanin kedaulatan negara dari bahaya penjajahan.

2. Kongres PWI ke-28

media massa (fuccha.in)

Kongres PWI ke-28 diadakan di Padang pada 1978. Dari situlah Hari Pers Nasional tercetus. Tokoh-tokoh pers menginginkan peringatan kehadiran dan peran pers Indonesi di lingkup nasional.

Lalu, ada sidang Dewan Pers ke-21 di Bandung pada 19 Februari 1981. Ide soal Hari Pers Nasional itu pun disampaikan pemerintah lewat Dewan Pers.

3. Terpilih tanggal 9 Februari



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"