Sejarah Dari Gong Xi Fa Cai, Ternyata Artinya Bukan Selamat Tahun Imlek Loh!

Sejarah Dari Gong Xi Fa Cai, Ternyata Artinya Bukan Selamat Tahun Imlek Loh!

Kata Gong Xi Fa Cai merupakan kalimat yang sering diucapkan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Saat mengucapkan kata ini, biasanya seseorang akan melakukan pai atau mengepalkan tangan di depan dada sambil berdiri dan menghadap ke arah orang yang diberi ucapan selamat.

Meski Gong Xi Fa Cai sering diucapkan, tapi mungkin tidak semua orang memahami arti sebenarnya dari kalimat ini. Banyak yang mengira Gong Xi Fa Cai memiliki arti Selamat Tahun Baru Imlek. Padahal sebenarnya, kata itu tidak ada hubungannya dengan Tahun Baru Imlek.

Gong Xi Fa Cai memiliki arti selamat mendapatkan kekayaan dan keberkahan. Walaupun tidak ada hubungan dengan tahun baru, tapi kata ini biasa diucapkan sebagai bentuk harapan dan doa untuk seseorang dalam menjalani sepanjang tahun.

Ilustrasi Perayaan Imlek (Tribunnews)

Dari segi kata, Gong Xi Fa Cai terdiri dari dua kata yakni Gong Xi yang artinya congrats atau selamat, serta Fa Cai yang artinya get rich atau mendapatkan keberkahan. Jadi, kata ini diucapkan agar lawan bicaranya bisa mendapatkan hal-hal baik dan menerima rezeki berlimpah.

Selain Gong Xi Fa Cai, ada pula yang mengucapkan kata Xin Nian Kuai Le saat Tahun Baru Imlek. Hal ini karena ada kepercayaan yang menganggap jika ucapan Gong Xi Fa Cai hanya fokus pada keuntungan materi saja, daripada kebersamaannya.

Kata Xin Nian Kuai Le sendiri berarti selamat Tahun Baru Imlek, semoga bahagia selalu. Sama seperti Gong Xi Fa Cai, kata ini juga dapat diucapkan dengan cara mengepalkan tangan di depan dada sebagai bentuk penghormatan untuk lawan bicaranya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"