Secara Ilmiah, Inilah Beberapa Penyebab Orang Jadi Bahagia

Secara Ilmiah, Inilah Beberapa Penyebab Orang Jadi Bahagia

Manusia hidup dari zaman ke zaman tuh untuk menuju pada satu hal ... BAHAGIA. Ya, semua orang menempatkan kebahagiaan sebagai prioritas hidup. Meski di balik itu, ada banyak hal yang bisa membuat kita bahagia, termasuk juga berduka.

Bahagia itu seperti udara (*tsah), bisa dirasa tapi nggak bisa dilihat atau dipegang. Tapi seperti halnya udara, bahagia bisa lho dijelaskan secara ilmiah.

Dikutip dari IDN Times, inilah beberapa penyebab orang jadi bahagia. Yang merasa tidak bahagia hari ini, berbahagialah, kawan.

1. Bahagia berasal dari hormon serotonin

1. Bahagia berasal dari hormon serotonin Bahagia tuh berasal dari hormon serotonin (freepik.com)

Hormon serotonin dikenal pula sebagai hormon kebahagiaan. Hormon itu berasal dari dalam otak yang menstimulasi perasaan tenang dan bahagia. Hormon tersebut didapat dari konsumsi makanan dan aktivitas tertentu.

2. Makan terbukti bisa membuat kita bahagia

2. Makan terbukti bisa membuat kita bahagia Makan juga bisa bikin hepi kok (medicalxpress.com)

Makan terbukti membuat kita bahagia gengs. Saat kita lagi sedih misalnya, coba makan sesuatu deh, ntar pasti bahagia lagi. Beberapa makanan yang dianggap bisa membawa kebahagiaan seperti susu, buah-buahan, dan cokelat.

Beberapa makanan itu menghasilkan juga hormon serotonin yang tinggi untuk tubuh kita. Kebahagiaan juga bisa didapat dengan makan makanan favorit kita kok.

3. Kebahagiaan juga didapat dengan obat-obatan

3. Kebahagiaan juga didapat dengan obat-obatan Kebahagiaan juga bisa didapat dari obat-obatan (health.harvard.edu)

Menurut para psikolog, orang-orang zaman sekarang mudah mengidap depresi atau gangguan kecemasan. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor. Tapi untuk menanganinya, mereka memberikan pula obat-obatan, contohnya antidepresan.

Obat antidepresan berfungsi untuk menyeimbangkan zat kimia dalam otak atau neurotransmiter. Setelah meminumnya, suasana hati kita akan lebih bahagia.

4. Olahraga bikin bahagia juga kok

4. Olahraga bikin bahagia juga kok Olahraga gengs, biar bahagia (matamata.com)

Olahraga nggak cuman baik untuk kesehatan raga dan jiwa kita gengs. Olahraga ternyata juga bisa memicu kadar kebahagiaan kita. Ini terjadi karena gerakan olahraga akan menghasilkan endorfin yang membuat suasana hati jadi lebih baik.

Aktivitas fisik tertentu juga dipercaya punya efek yang sama membahagiakannya dengan obat-obatan antidepresan loh. Makanya, olahraga gih gengs.

5. Tersenyumlah

5. Tersenyumlah Senyum lah, senyum berdua oke, senyum sendiri juga gapapa kok (bornrealist.com)

Senyum, apa pun kondisinya, segera akan membuat kita jadi BAHAGIA. Tara Kraft dan Sarah Pressman dari University of Kansas, Amerika Serikat menyebutkan bahwa tersenyum akan menurunkan tingkat stres, menenangkan detak jantung, dan bikin bahagiaaa.

Senyum secara natural atau cuman dibuat-buat akan menghasilkan hal yang sama kok gengs. Jadi apa pun kondisi kalian, tersenyumlah. Yang cewek jadi tambah cantik, yang cowok jadi tambah tamvan.

Senyumlah gengs, semudah itu kok.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"