Sebut Profesi Penyanyi dan Wisata ke Borobudur Haram, Siapa Ustaz Sofyan Chalid Sebenarnya?

Sebut Profesi Penyanyi dan Wisata ke Borobudur Haram, Siapa Ustaz Sofyan Chalid Sebenarnya?

Berbicara soal keimanan seseorang merupakan hal yang sensitif, salah-salah justru bisa menyinggung salah satu pihak padahal tujuannya adalah untuk menyebar kebaikan.

Masih ingat dengan Ustaz Sofyan Chalid? Ustaz yang satu ini beberapa kali membuat netizen geregetan gara-gara isi ceramahnya yang cukup fenomenal dan kontroversial. Bahkan baru-baru ini, kembali viral video Ustaz Sofyan yang menyebut jika berwisata atau mendatangi Candi Borobudur adalah haram hukumnya. Sontak banyak orang yang tidak sepakat dengan pendapat tersebut, karena banyak yang berpendapat jika berwisata tidak bisa dikaitkan dengan keimanan seseorang.

Sebenarnya, nggak cuma sekali Ustaz Sofyan bersinggungan dengan netizen perihal isi ceramahnya. Sebelumnya, ustaz asal Manado ini juga pernah membuat netizen ramai karena pembahasan soal profesi sebagai penyanyi adalah haram. Sebenarnya siapa sih Ustaz Sofyan ini? Dan apa saja ceramahnya yang viral? Simak ulasnnya berikut ini.

- Menyebut Berwisata ke Borobudur Haram

Belum lama ini beredar video Ustaz Sofyan Chalid yang menyebut berwisata ke Candi Borobudur merupakan hal yang haram bagi kaum muslim. Dia menjelaskan jika mendatangi candi tersebut sama dengan persetujuan terhadap peribadatan yang dilakukan oleh penganut agama di tempat tersebut. Meskipun dalam hati menolak, akan tetapi kehadiran kita di tempat tersebut adalah bentuk dari persetujuan itu sendiri.

Oleh sebab itu, Ustaz Sofyan menegaskan agar kita tidak ke tempat tersebut kecuali untuk satu tujuan, membubarkan orang yang beribadah selain kepada Allah Swt. Video tersebut sebenarnya diunggah pada 3 September 2018 silam tapi tetep aja kontroversial, sih.

Ustaz Sofyan Chalid (Boombastis)

- Tanggapan Publik tentang Pernyataan Tersebut

Menanggapi video yang viral tersebut, banyak netizen yang tidak setuju dengan pendapat Ustaz Sofyan. Salah seorang netizen bernama Tommy bahkan menghubungkan dengan kejadian saat seorang Banser (Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama) yang meninggal karena bertugas menjaga umat nasrani yang sedang menjalankan ibadah.

Tommy mengemukakan bahwa damai itu indah. Netizen lain juga menjelaskan jika begitu banyak manusia yang mendapat rezeki dari keberadaan Candi Borobudur, jadi kenapa harus menghalangi orang datang ke tempat tersebut?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"