Sebuah Jalan Raya di Surabaya Ambles, Lalu Lintas Lumpuh

Sebuah Jalan Raya di Surabaya Ambles, Lalu Lintas Lumpuh

Warga Surabaya, Jawa Timur, dibuat terkejut oleh sebuah jalan yang amblas. Peristiwa itu terjadi di Jalan Raya Gubeng pada Selasa (18/12/2018) malam, sekitar pukul 21.30 WIB.

Belum diketahui adanya korban akibat peristiwa ini. Namun, jalan yang ambles itu membuat tiang listrik ambruk dan jalan raya di sekitarnya lumpuh total.

Kondisi Jalan Raya Gubeng pascaambles (Twitter @Sutopo_PN)

Sebagaimana dikutip dari Kumparan, luas badan jalan yang ambles diyakini mencapai 100 meter x 20 meter. Sementara kedalamannya mencapai 4-6 meter.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi menduga peristiwa itu terjadi lantara kesalahan pengerjaan konstruksi oleh PT NEK. Demi menindaklanjuti kejadian ini, Pemkot Surabaya akan mendatangkan ahli dan penanggung jawab dari Jakarta.

"Ada dugaan kesalahan dalam pelakasanaan konstruksi. Jadi besok kita pastikan dengan tenaga ahli dan penanggung jawabnya dari Jakarta," kata Eri Cahyadi seperti dilaporkan Detik.com.

Dugaan karena pengerjaan konstruksi yang takkuat menahan badan jalan (Twitter @Sutopo_PN)

Menurut Edi, dugaan kuatnya adalah akibat kesalahan konstruksi dinding penahan jalan atau retaining wall. Dinding itu dianggap tak mampu menahan beban sehingga badan jalan pun ambles.

"Retaining wall-nya tidak bisa menahan beban sehingga ini yang roboh dan menarik tanah yang berada di bawah. Sedangkan untuk yang di permukiman sudah dikonkretkan sebelah kanan dan kirinya, makanya tida ada masalah," jelas Eri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"