Seberapa Cepat Komodo Lari? Hah, Beneran Bisa Secepat Itu.

Seberapa Cepat Komodo Lari? Hah, Beneran Bisa Secepat Itu.

Hewan komodo adalah salah satu hewan berukuran besar yang mendiami pulau Komodo. Karena hewan ini hanya ada di Indonesia, pulau Komodo pun menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Di tempat ini, kamu bisa melihat satu-satunya hewan yang konon memiliki kemiripan dengan naga. Bentuknya yang besar, berkulit sisik dan taringnya tajam.

Meskipun hewan komodo menjadi penarik wisatawan, bukan berarti kamu bebas melihatnya begitu saja. Sebagaimana hewan pada umumnya, komodo dikenal liar dan agresif.

Komodo (mnn.com)

Jadi, buat kamu yang berencana liburan ke Taman Nasional Komodo, wajib catat dan mengetahui 3 fakta menarik tentang hewan ini. Jangan sampai salah dalam bertindak!

Memiliki racun

Masyarakat di sekitar pulau Komodo menyebut hewan ini sebagai ora. Menurut masyarakat setempat, komodo dipercaya memiliki racun yang sangat berbisa.

Pendapat itu pun diamini oleh peneliti racun dari Universitas Melbourne, Australia. Pada tahun 2009, dirinya menemukan komodo yang telah mati dan mengambil sampel air liur yang ada di tubuhnya.

"Tim kami menemukan jika racun dari komodo mampu mengurangi tekanan darah dan mempercepat aliran darah yang keluar dari tubuh," jelas Bryan Fry seperti dilansir dari National Geographic.

Kamu gak akan bisa memenangkan lomba lari dengan hewan ini!

Komodo (mnn.com)

Komodo mungkin terlihat besar dan lambat. Karena hal itu pula, banyak orang yang bertanya seberapa cepat komodo lari?

Faktanya, otot kadal ini bisa bergerak dengan kecepatan yang mengagumkan. Dari kemampuan otot itu, komodo bisa lari dengan kecepatan 20km/jam!

Padahal kalo kita bandingkan dengan manusia, rata-rata manusia hanya bisa lari dengan kecepatan maksimal 24km/jam aja.

Jadi, kalo kamu berkunjung ke Taman Pulau Komodo dan dibuat kaget oleh kahadiran hewan ini secara tiba-tiba, segeralah berlari secepat mungkin. Jika tidak, teman-temanmu akan gagal untuk menemuimu lagi.

Bisa memakan buruan yang lebih besar

Komodo (mnn.com)

Bisa dibilang kalo hewan komodo adalah hewan yang besar. Dengan berat kurang lebih 100 kilogram, gak heran kalo mereka bisa memakan hewan buruan seperti rusa atau babi liar.

Fakta yang lain juga, hewan ini pun bisa mengalahkan hewan lain yang berukuran lebih besar, lho. Contohnya, kerbau. Mengapa bisa? Hal itu tentu berhubungan dengan strategi pennyergapan yang selalu dijalankan komodo saat berburu.

Memang banyak hal menakutkan dari hewan ini. Tapi, bukan berarti kamu gak bisa menikmati liburan di pulau Komodo, ya. Apalagi, sebentar lagi liburan panjang bakal tiba. Kalian bisa lho menjadikan pulau Komodo sebagai opsi pilihan liburan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"