Sebenarnya, Apa Sih Arti Mengacungkan Jari Tengah?

Sebenarnya, Apa Sih Arti Mengacungkan Jari Tengah?

Kayaknya jarang deh yang tau sejak kapan orang-orang di sekeliling kita sering mengacungkan jari tengahnya. Soalnya, buat sebagian orang, mengacungka jari tengah tuh dianggap kasar.

Kamu pernah melakukannya gak gengs?

Pernah mengacungkan jari tengah? (flickr.com)

Kalo kamu pernah mengacungkan jari tengah ke orang lain, kira-kira kamu tau gak apa artinya? Sebenarnya, apa sih arti mengacungkan jari tengah?

Mengacungkan jari tengah ke orang lain umumnya dilakukan sebagai bentuk kekesalan kita kepada orang lain. Sebenarnya, ini merupakan cara mengekspresikan diri meski dianggap nggak sopan oleh banyak orang.

Mengacungkan jari tengah pun erat kaitannya dengan mengucapkan umpatan ke orang lain ketika lagi kesal. Tapi secara gak langsung.

Dikutip dari BBC, mengacungkan jari tengah sebenarnya udah dimulai sejak abad ke-4 sebelum Masehi. Hal ini tercatat dalam sejarah yang dimulai di Athena, Yunani.

Tapi kalian tau gak apa artinya? (unsplash.com)

Saat itu, ada seorang filsuf bernama Diogenes yang sedang mengkritikpolitisi bernama Demotheses. Makin lama, Diogenes makin kesal dengan kelakuan orang yang dia kritik itu. Sampe akhirnya Diogenes mengacungkan jari tengahnya kepada politisi sambil mengucapkan umpatan dan kata-kata celaan.

Sementara itu, seorang antropolog bernama Morris pernah mengatakan bahwa mengacungkan jari tengah adalah bentuk penghinaan paling tua di dunia.

Menurut Morris, jari tengah adalah simbol kemaluan laki-laki yang dinekal sebagai simbol phallus. Karena cuma jari tengah yang diacungkan, jari-jari lainnya tertutup. Nah, jari-jari yang tertutup itulah yang dianggap sebagai buah zakarnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"